Wen Niang: Menghidupkan Kembali Budaya Tiongkok dengan Desain Modern

Sebuah Inovasi dalam Desain Kemasan Anggur Beras Kuning

Anggur beras kuning Wen Niang, sebuah karya desain yang menghadirkan kehidupan dan jiwa pada minuman anggur. Dikelilingi oleh gambar bangau, Wen Niang mengusung nilai-nilai integritas dan keanggunan yang terkandung dalam budaya oriental. Melalui kemasan modern ini, kami bertujuan untuk menarik perhatian generasi muda dan menyebarkan budaya Tiongkok yang terkait dengan bangau.

Wen Niang adalah produk yang dikembangkan secara bersama-sama oleh Wanshengtang dan Guyuelongshan, produsen anggur beras kuning terkenal di Tiongkok. Produk ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan perhatian publik terhadap anggur ini, karena perkembangan pasar anggur beras kuning tertinggal jauh dibandingkan dengan produk alkohol lainnya. Kami mengadopsi teknik dan kerajinan modern untuk menyajikan kemasan tradisional anggur ini.

Anggur beras kuning biasanya dikemas dalam keramik, namun Wen Niang menggunakan botol kaca untuk membedakan dirinya dari merek-merek pesaing. Dengan menggunakan kaca, kilau dan tekstur permukaan botol menjadi lebih baik. Bangau dengan sayap terbuka diukir pada botol, memberikan sentuhan modern, anggun, dan menarik, sehingga menarik perhatian konsumen muda.

Desain kemasan ini telah menimbulkan diskusi hangat di industri, tidak hanya karena Wen Niang telah mengubah stereotip anggur beras kuning, tetapi juga karena berhasil menemukan keseimbangan antara budaya alkohol tradisional dan bahasa desain modern.

Proyek ini berlangsung selama 2 bulan, dirancang di Shenzhen dan diproduksi di Shaoxing, Zhejiang. Selama proses pengembangan, kami melakukan penelitian mendalam tentang anggur beras kuning dan menemukan bahwa sebagian besar produknya dikemas dalam keramik, yang mahal dan kurang efektif dalam mencapai efek lokal. Desain grafis atau bentuk botol terbatas pada keramik. Wen Niang, bagaimanapun, berhasil mengatasi batasan bahan kemasan dengan menggunakan kaca untuk menghidupkan kembali anggur tua ini.

Tantangan utama dalam proyek ini adalah bagaimana mengukir bangau dengan sayap terbuka pada botol kaca. Sebagian besar karya ukiran biasanya hanya mencakup sudut tertentu, bukan melingkupi 360 derajat. Bangau dengan sayap terbuka ini mencakup lebih dari 320 derajat botol dan semua detailnya harus sempurna. Oleh karena itu, ilustrasi dan ukiran mengikuti panduan industri, sehingga bangau dan botol dapat diproduksi secara estetis dan berulang kali.

Botol kaca ini dirancang dengan lengkungan elegan. Bangau dengan sayap terbuka melingkupi lebih dari 320 derajat botol dan semua detailnya sempurna, memberikan anggur ini kehidupan dan jiwa. Bangau memiliki posisi yang tinggi dalam budaya oriental. Bahan kaca membedakan anggur ini dari merek-merek pesaingnya yang biasanya dikemas dalam keramik. Melalui kemasan modern ini, kami berhasil menarik perhatian generasi muda dan menyebarkan budaya Tiongkok yang terkait dengan bangau.

Desain Wen Niang telah memenangkan Penghargaan Desain Packaging Emas di A' Design Award 2020. Penghargaan ini diberikan kepada karya-karya yang luar biasa dan berdampak signifikan dalam dunia seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi. Wen Niang merupakan produk yang menggabungkan kehebatan dan kebijaksanaan desainer, serta mewakili keunggulan luar biasa yang berdampak positif bagi dunia.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: TIGER PAN
Kredit Gambar: Image #1:Designer Tiger Pan, Qian Chi;Illustrator:Ping Yi;Picture credit:Juanjuan Wu;Technician:Zhangkun Xie;Project Manager:Crystal You Image #2:Designer Tiger Pan, Qian Chi;Illustrator:Ping Yi;Picture credit:Juanjuan Wu;Technician:Zhangkun Xie;Project Manager:Crystal You Image #3:Designer Tiger Pan, Qian Chi;Illustrator:Ping Yi;Picture credit:Juanjuan Wu;Technician:Zhangkun Xie;Project Manager:Crystal You Image #4:Designer Tiger Pan, Qian Chi;Illustrator:Ping Yi;Picture credit:Juanjuan Wu;Technician:Zhangkun Xie;Project Manager:Crystal You Image #5:Designer Tiger Pan, Qian Chi;Illustrator:Ping Yi;Picture credit:Juanjuan Wu;Technician:Zhangkun Xie;Project Manager:Crystal You
Anggota Tim Proyek: Designer: Tiger Pan, Qian Chi Illustrator:Ping Yi Image Presentation: Juanjuan Wu Technician: Zhangkun Xie Project Manager: Crystal You
Nama Proyek: Wen Niang
Klien Proyek: TIGER PAN


Wen Niang IMG #2
Wen Niang IMG #3
Wen Niang IMG #4
Wen Niang IMG #5
Wen Niang IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang