Fakultas Arsitektur: Desain Inovatif untuk Pendidikan Masa Depan

Patrick Schweitzer S&AA Membawa Gaya Baru ke Kigali

Bangunan ini menggunakan dua bahan sederhana yang umum ditemukan di daerah tersebut: batu untuk lapisan luar; dan beton berwarna sendiri untuk bagian dalam. Bangunan ini memiliki jendela kecil menghadap keluar dan jendela besar menghadap ke dalam yang dilindungi dari sinar matahari oleh atap yang menjorok. Bagian atas piramida dipotong untuk memasukkan cahaya alami dan mengoptimalkan ventilasi.

Firma ini merespons panggilan tender internasional yang diluncurkan pada Maret 2012 oleh pemerintah Rwanda untuk merancang sekolah arsitektur baru yang dapat menampung 600 siswa di lahan seluas 5.600 meter persegi tidak jauh dari fakultas yang sudah ada. Untuk proyek ini, kami memulai dengan bentuk sederhana dalam dua tingkat yang kami distorsi dengan cara yang sama seperti gaya tektonik mengubah massa tanah: kami menarik pada sisi-sisi yang berlawanan, menciptakan celah di tengah yang akan menjadi area luar untuk para siswa.

Bangunan ini menggunakan dua bahan sederhana yang umum ditemukan di daerah tersebut: batu untuk lapisan luar; dan beton berwarna sendiri untuk bagian dalam. Bangunan ini memiliki jendela kecil menghadap keluar dan jendela besar menghadap ke dalam yang dilindungi dari sinar matahari oleh atap yang menjorok.

Proyek ini memiliki luas 5.600 meter persegi dan terletak di Kigali, Rwanda. Dari tahun 2017 hingga 2018, proyek ini berhasil direalisasikan dengan sukses.

Firma ini memilih pendekatan arsitektur yang sangat khas dengan menggunakan bentuk-bentuk kompleks yang didorong oleh pertimbangan pedagogis dan lingkungan, berada di antara arsitektur tradisional dan desain kontemporer. Ini adalah bangunan sederhana dan didaktis yang dirancang untuk melatih para arsitek masa depan di negara Afrika yang sedang berkembang, dengan populasi yang diperkirakan akan dua kali lipat pada tahun 2050.

Salah satu tantangan dalam proyek ini adalah mengelolanya dari Prancis, dengan bantuan tim di lokasi dan menggunakan hanya bahan-bahan lokal.

Firma ini merespons panggilan tender internasional yang diluncurkan pada Maret 2012 oleh Pemerintah Rwanda untuk merancang sekolah arsitektur baru. Sekolah ini, dengan kapasitas 600 siswa, akan didirikan di lahan seluas 5.600 meter persegi tidak jauh dari fakultas yang sudah ada. Untuk proyek ini, firma ini memulai dengan volume sederhana dalam dua tingkat yang mereka deformasikan seperti tektonik yang mengubah massa: menarik pada sisi-sisi yang berlawanan dan menciptakan celah pusat, inilah ruang hidup luar bagi para siswa.

Foto: Edwin SEda, Emmanuel Cattier, Jules Toulet

Desain ini telah memenangkan Penghargaan Emas dalam A' Design Award 2020 dalam kategori A' Architecture, Building and Structure Design. Penghargaan Emas A' Design diberikan kepada karya-karya yang luar biasa, menakjubkan, dan berpengaruh yang mencerminkan kejeniusan dan kebijaksanaan desainer. Mereka adalah produk yang dihormati dan gagasan cemerlang yang memajukan seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, mewujudkan keunggulan luar biasa dan berdampak signifikan bagi dunia dengan karakteristik yang diinginkan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Patrick Schweitzer S&AA
Kredit Gambar: Photo : Edwin SEda, Emmanuel Cattier, Jules Toulet
Anggota Tim Proyek: Architect of record : SetAA Associate architect : EAACON Construction : EGIS Entreprise : CATIC Landscape architect : Acte 2 paysage
Nama Proyek: Faculty Architecture of Kigali
Klien Proyek: Patrick Schweitzer S&AA


Faculty Architecture of Kigali IMG #2
Faculty Architecture of Kigali IMG #3
Faculty Architecture of Kigali IMG #4
Faculty Architecture of Kigali IMG #5
Faculty Architecture of Kigali IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang