Jolab: Mengubah Pabrik Kosmetik Menjadi Galeri Seni

Redefinisi Keindahan dan Kreativitas dalam Dunia Produksi Kosmetik

Beauty is art. Sebagai merek kosmetik, JOLA ingin memastikan bahwa semua karyawan mereka merasa berada di ruang seni dan bahwa mereka menghasilkan karya seni daripada sekadar produk biasa di jalur produksi. Ketika pengunjung memasuki ruang ini, mereka juga memasuki pusat seni yang menampung taman bertingkat ganda dan pertunjukan seni yang unik.

Bangunan ini dirancang sebagai galeri seni. Tujuan dari pabrik perawatan kulit JOLA adalah agar setiap orang di ruangan ini merasa bahwa mereka adalah bagian dari pusat seni dan mereka adalah orang-orang yang menciptakan produk seni, bukan hanya produk di jalur produksi. Dalam ruang dengan ketinggian 8 meter di setiap lantai, proses produksi, Pusat R&D, dan area pameran prestasi merek kecantikan - JOLA hadir di depan pengunjung seperti sebuah karya seni.

Pada lantai yang lebih rendah, seluruh kantor penelitian dapat terlihat dari ruang rapat. Pengunjung (pembeli) berdiri tinggi di ruang rapat, merasa memiliki otoritas; para pekerja juga akan merasa memiliki misi. Tidak ada halangan penglihatan di antara mereka, mereka dapat berdialog.

Pada lantai yang lebih tinggi, pengunjung dapat melihat kondisi kerja di ruang bersih dari lorong taman gantung. Karena mereka tidak akan saling melihat, para pekerja tidak akan terganggu, mereka dapat fokus pada pekerjaan mereka, dan pengunjung dapat melihat situasi kerja dengan lebih dalam dan benar.

Desain ini menghadirkan tantangan kreatif yang besar, yaitu mendefinisikan ulang pabrik kecantikan. Sebuah pabrik perawatan kulit adalah tempat untuk menciptakan produk yang membuat orang lebih cantik dan percaya diri. Ini tidak boleh menjadi jalur produksi yang tertutup dan kaku. Tempat ini harus membuat setiap orang yang datang merasa elegan dan percaya diri.

Jolab, bangunan ini dirancang sebagai galeri bukan pabrik. Taman bertingkat ganda di lantai atas tidak hanya untuk isolasi panas, tetapi juga untuk mendefinisikan ulang hubungan antara pekerja dan pengunjung. Tujuan dari pabrik perawatan kulit ini adalah agar setiap orang di ruangan ini merasa bahwa mereka adalah bagian dari pusat seni dan mereka adalah orang-orang yang menciptakan produk seni, bukan hanya produk di jalur produksi.

Desain Jolab telah diakui dan memenangkan Silver A' Design Award di kategori Arsitektur, Bangunan, dan Desain Struktur pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan profesional yang menggambarkan keahlian dan inovasi luar biasa. Desain-desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.

Sumber gambar: Fotografer Kuo-Min Lee, Variations, 2020


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Chih-Kang Chu
Kredit Gambar: Photographer Kuo-Min Lee, Variations, 2020
Anggota Tim Proyek: Design Director: Chih-Kang Chu Designer: Yu, Yao-Chou / Tsai, Men-Hung Architecture Consultant: Yu, Yao-Chou
Nama Proyek: Jolab
Klien Proyek: Chih-Kang Chu


Jolab IMG #2
Jolab IMG #3
Jolab IMG #4
Jolab IMG #5
Jolab IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang