Cuboid No 4: Ruang Kantor dengan Sentuhan Gaya Industri dan Maritim

Ruang Kantor yang Unik dan Fleksibel untuk Lingkungan Kerja Modern

Desain Kantor yang Menggabungkan Gaya Industri dan Maritim

Ruang kantor Cuboid No 4, yang dirancang oleh Chih-Yun Chung dan Yi-Chang Lin, menggabungkan elemen-elemen gaya industri dan semangat eksplorasi era maritim Inggris. Dengan mengambil inspirasi dari kesan kasar gaya industri dan keunikan era maritim, ruang kantor ini menciptakan tampilan spasial yang unik.

Proyek ini dirancang khusus untuk klien yang sangat menyukai gaya industri dan semangat eksplorasi era maritim Inggris. Dengan memanfaatkan elemen-elemen kontainer pengiriman, seperti setir hitam dan jendela bundar yang menyerupai jendela kabin kapal, ruang kantor ini memiliki penampilan spasial yang unik.

Salah satu keunikan dari proyek ini adalah penggunaan desain semi-terbuka untuk mengatur ruang kantor. Dengan menggunakan teknik desain virtual dan nyata, ruang kantor ini dibagi menjadi area kantor karyawan, dua ruang kantor supervisor, ruang rapat, pantry, ruang istirahat, dan toilet. Konfigurasi ruang ini memberikan ruang kerja yang nyaman dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan yang berkembang.

Proyek ini menggunakan berbagai teknologi dan bahan untuk merealisasikan desainnya. Beberapa bahan yang digunakan antara lain Pandomo, batu bata merah daur ulang, kaca moru, lampu LED, jaring besi, plat besi, logam berlapis titanium, dan plat sistem Ked.

Ruang kantor Cuboid No 4 memiliki luas sekitar 210 meter persegi. Dalam tata letaknya, ruang kantor ini terbagi menjadi area kantor karyawan, dua ruang kantor supervisor, ruang rapat, pantry, ruang istirahat, dan toilet.

Proyek ini menghadapi beberapa tantangan kreatif dan teknis. Salah satunya adalah menyediakan fungsi yang sempurna dalam ruang terbatas. Terutama dalam proses penambahan mezzanine, posisi balok dapat memberikan pengalaman visual yang membebani. Bagaimana menemukan rasio tinggi yang moderat dan seberapa banyak ruang mezzanine yang perlu ditambahkan untuk memberikan ruang yang aman dan nyaman bagi staf menjadi salah satu masalah yang harus diatasi dalam proyek ini.

Ruang kantor ini terletak di daerah komersial yang ramai di Kota Taipei, Taiwan. Dibandingkan dengan ruang kantor konvensional, proyek ini menggunakan metode desain semi-terbuka dan teknik desain virtual dan nyata untuk mengatur ruang. Dengan mempertahankan langit-langit tinggi di beberapa area, ruang kantor ini memberikan pengalaman ruang yang lebih beragam melalui pola pandang yang terhampar dan setengah tembus pandang. Desain secara progresif mengalokasikan ruang berdasarkan intensitas penggunaan dan tingkat permintaan.

Ruang kantor Cuboid No 4 telah meraih penghargaan Bronze dalam A' Design Award 2021 kategori Interior Space, Retail, dan Exhibition Design. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menggabungkan pengalaman dan kecerdikan. Desain ini menunjukkan keahlian teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Chen-lin Interior Design
Kredit Gambar: YANG CHUN-SHEN
Anggota Tim Proyek: CHIH-YUN CHUNG, YI-CHANG LIN
Nama Proyek: Cuboid No 4
Klien Proyek: Chen-lin Interior Design


Cuboid No 4 IMG #2
Cuboid No 4 IMG #3
Cuboid No 4 IMG #4
Cuboid No 4 IMG #5
Cuboid No 4 IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang