Burgu: Desain Kursi Tinggi yang Inovatif dan Estetis

Metin Nergiz Menciptakan Kursi Tinggi yang Unik dengan Sistem Penyesuaian Ketinggian yang Baru

Kursi tinggi industri dengan desain serupa selalu menawarkan metode penyesuaian ketinggian yang sama: gigi dan poros gigi, sebagian besar terbuat dari bahan logam. Meskipun berfungsi dengan baik, sistem ini terasa kurang inspiratif. Kami berpikir bahwa mungkin ada cara baru untuk menghadirkannya. Kami membuktikan pendapat kami dengan desain yang belum pernah ada sebelumnya, yaitu Burgu. Kami merancang ulang sistem penyesuaian ketinggian dan memperbarui bentuk kursi dengan bentuk yang lebih ergonomis. Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan ketinggian kursi saat duduk dengan nyaman.

Burgu memiliki keunikan yang membedakannya dari kursi tinggi lainnya. Daripada menggunakan satu poros pusat, bagian bantalan pada gigi penyesuaian ketinggian didukung oleh empat kaki terpisah. Ketidakhadiran poros gigi memberikan tampilan yang menarik secara visual pada seluruh gigi penyesuaian ketinggian.

Burgu menggabungkan bahan alami dan teknologi produksi terkini. Bagian kursi dan gigi penyesuaian ketinggian terbuat dari kayu padat laminasi. Laminasi mencegah deformasi dan memperpanjang umur produk. Gigi penyesuaian ketinggian dan empat kaki kursi diproduksi menggunakan mesin CNC 5 sumbu yang menawarkan presisi yang lebih tinggi.

Kursi Burgu memiliki spesifikasi teknis dengan ukuran 360 mm x 360 mm x 440 mm hingga 650 mm. Desain ini juga dilengkapi dengan fitur interaksi yang unik. Dibandingkan dengan kursi tinggi fungsional lainnya, Burgu memiliki diameter gigi yang lebih besar dan ulir yang tebal sehingga pengguna dapat menyesuaikan ketinggian dengan cepat namun tetap stabil. Dengan demikian, menyesuaikan kursi ke ketinggian yang diinginkan membutuhkan usaha yang lebih sedikit dan gerakan naik-turun yang lebih efisien.

Proses desain Burgu memakan waktu 3 bulan. Produk ini diperkenalkan di Ankara, Turki pada Januari 2017. Metin Nergiz, desainer di balik Burgu, melakukan penelitian mendalam tentang sejarah dan fungsionalitas kursi tinggi. Hal ini memotivasi dia untuk merancang kursi yang estetis, nyaman, mengundang, dan ramah pengguna yang dapat melengkapi berbagai ruang, mulai dari bar hingga salon cukur. Produk akhir ini sangat memuaskan dan menarik bagi desainer.

Burgu telah memperoleh paten pada tahun 2017 dengan nomor paten 2017 06877. Desain ini juga meraih Penghargaan Perak dalam A' Furniture Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan menunjukkan keahlian serta inovasi yang luar biasa. Burgu adalah bukti nyata dari tingkat keunggulan yang luar biasa dan menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.

Burgu adalah desain kursi tinggi yang menggabungkan estetika dan fungsionalitas dengan cara yang unik. Dengan fungsi penyesuaian ketinggian, kursi ini dapat digunakan dengan mudah di meja dan restoran, serta menambahkan nuansa gaya dan estetika yang menarik ke lingkungan sekitarnya. Kursi ini juga mudah dibawa berkat desain minimalis dan bobot ringan. Desain industri ini menghidupkan tekstur kayu yang indah dengan teknologi modern.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Metin Nergiz
Kredit Gambar: Metin Nergiz
Anggota Tim Proyek: Metin Nergiz
Nama Proyek: Burgu
Klien Proyek: Metin Nergiz


Burgu IMG #2
Burgu IMG #3
Burgu IMG #4
Burgu IMG #5
Burgu IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang