Lunema Specimen: Membangun Jembatan Antara Masa Lalu dan Masa Depan Tipografi

Paul Robb Menghadirkan Typeface Kontemporer yang Terinspirasi dari Abad 19

Paul Robb, seorang desainer grafis berbakat, telah menciptakan Lunema Specimen, sebuah typeface kontemporer yang mengambil inspirasi dari typeface san serif abad ke-19 yang digunakan dalam buku telepon. Dengan menggabungkan elemen-elemen modern dan bentuk glyph yang elegan, Robb berhasil menciptakan font yang dapat digunakan dalam ukuran kecil maupun besar untuk menciptakan identitas merek yang unik.

Salah satu keunikan dari Lunema adalah kontras geometris yang kuat yang menjadi ciri khas dari typeface neo-grotesque. Font ini dirancang agar mudah dibaca dalam ukuran kecil berkat jebakan tinta yang dalam dan jelas. Selain itu, Lunema tersedia dalam 10 berat dan gaya dengan set glyph Latin yang luas, alternatif, dan ligatur.

Proses pembuatan Lunema dilakukan menggunakan Glyphs, sebuah perangkat lunak desain font profesional. Proyek ini dimulai pada Juli 2020 dan lisensi komersialnya dirilis oleh Monotype pada Desember 2020. Dalam proses pembuatannya, Robb dibantu oleh Moira Bartoloni dan Federica Simone.

Sebagai bagian dari penelitian awal, Robb mempelajari font san serif awal dan akhir abad ke-19 yang digunakan dalam cetakan volume tinggi, di mana masalah keterbacaan didefinisikan oleh proses pencetakan. Tantangan utama adalah menciptakan font modern yang stylish dengan bentuk yang luas dan menutupi masalah saat digunakan dalam ukuran kecil, namun tetap menciptakan bentuk yang stylish dan khas.

Hasilnya, Lunema adalah typeface sans serif neo-grotesque kontemporer yang sangat bergaya dengan kontras geometris yang kuat. Setiap bentuk huruf dibuat dengan perhatian terhadap detail untuk memastikan keterbacaan dalam ukuran besar dan kecil. Lunema berhasil meraih penghargaan Silver dalam A' Graphics, Illustration and Visual Communication Design Award pada tahun 2021.

Paul Robb dan timnya telah berhasil menciptakan sebuah karya seni tipografi yang menggabungkan elemen masa lalu dan masa depan. Dengan Lunema, mereka membuktikan bahwa desain yang baik dapat melampaui batas waktu dan tetap terasa modern dan unik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Paul Robb
Kredit Gambar: @ Salt & pepper Studio / Paul Henry Robb
Anggota Tim Proyek: Paul Robb Moira Bartoloni Federica Simone
Nama Proyek: Lunema Specimen
Klien Proyek: Paul Robb


Lunema Specimen IMG #2
Lunema Specimen IMG #3
Lunema Specimen IMG #4
Lunema Specimen IMG #5
Lunema Specimen IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang