Transparan dan Menggantung: Inovasi dalam Desain Ruang Kerja oleh Shi Zhe Lo

Meredefinisi Ruang Kerja dengan Estetika Arsitektural dan Teknologi Ramah Lingkungan

Proyek desain ruang kerja komersial oleh Shi Zhe Lo yang menggabungkan estetika arsitektural dan teknologi ramah lingkungan untuk menciptakan ruang kerja yang unik dan inovatif.

Desain ruang kerja komersial oleh Shi Zhe Lo, berjudul "Transparan dan Menggantung," mencerminkan konsep desain yang penuh konflik dan kejutan. Terinspirasi oleh beratnya marmer, Lo mengambil konsep menggantung, melayang, dan merajut realitas virtual sebagai konsep utama, mempresentasikan konflik antara material berkualitas dan visual, serta membangun ruang komersial yang unik dengan kemungkinan baru.

Proyek ini menggunakan konsep estetika ruang arsitektural untuk membangun estetika yang mendalam dan menggambarkan selera spiritual pengguna. Gril kayu yang digunakan di bagian luar dapat diputar secara manual untuk mengatur aliran udara di dalam ruangan dan mengarahkan cahaya alami dari luar. Ruangan ini dikelilingi oleh batu, dan untuk mengubah ruangan menjadi lebih lembut, cypress alami digunakan di langit-langit. Dinding hijau di sekitar ruangan menambah kehidupan dan suhu, sekaligus menyeimbangkan dinginnya batu, sementara aroma cypress menciptakan konflik antara penglihatan dan rasa.

Proyek ini memiliki luas 80 meter persegi dan selesai pada Juli 2020 di Taichung, Taiwan. Dalam merespons tren perlindungan lingkungan terkini, panel yang dipilih sesuai dengan sistem ekologi. Proses produksi papan tidak memerlukan pemotongan kayu raksasa, dan dapat dibuat melalui kayu daur ulang, mencerminkan karakteristik perlindungan lingkungan alami dan bebas polusi. Bagian atas dinding luar digantung di atas langit-langit dengan potongan besi, memberikan efek visual melayang, membuat ruangan terasa lebih terbuka dan penuh kejutan yang menyenangkan.

Salah satu tantangan dalam proyek ini adalah perencanaan dan penataan tata letak ruang yang terbatas. Dengan memahami kebutuhan pemilik, area kantor, area pertemuan, dan area negosiasi dibagi dengan tepat. Material yang dipilih beragam, mulai dari batu, besi, hingga cermin abu-abu. Namun, desain ini juga berharap untuk menciptakan rasa transparansi. Untuk itu, kaca dinding luar, besi, dan kayu digunakan sebagai gril, dan berbagai material lainnya digunakan untuk menciptakan rasa visual yang transparan, seperti kubus transparan, baik dari dalam ke luar maupun sebaliknya.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menunjukkan pengalaman dan keterampilan kreatif. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Shi Zhe Lo
Kredit Gambar: Image #1-5: Photographer Chi-Min Wu, Suspended and Transparent, 2020.
Anggota Tim Proyek: Designer: Shi-Zhe Lo
Nama Proyek: Suspended and Transparent
Klien Proyek: Shi Zhe Lo


Suspended and Transparent IMG #2
Suspended and Transparent IMG #3
Suspended and Transparent IMG #4
Suspended and Transparent IMG #5
Suspended and Transparent IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang