Lemo H1: Dispenser Sabun Otomatis yang Inovatif

Desain revolusioner oleh Li Xuesong dan Zhou Tong untuk menjaga kebersihan tangan

Di tengah pandemi COVID-19, menjaga kebersihan tangan menjadi prioritas utama. Lemo H1, dispenser sabun otomatis yang dirancang oleh Li Xuesong dan Zhou Tong, menawarkan solusi yang efektif dan higienis untuk menjaga tangan tetap bersih.

Penelitian menunjukkan bahwa mencuci tangan secara rutin dapat mengurangi risiko infeksi sebesar 36%. Dalam konteks pandemi COVID-19, mencuci tangan menjadi cara efektif untuk melindungi kesehatan. Dispenser sabun otomatis seperti Lemo H1 tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga membuat prosesnya lebih higienis. Tim desain mendapatkan inspirasi dari teknologi MagSafe milik Apple untuk merancang penutup atas magnetik yang mudah digunakan.

Desain unik Lemo H1 mencakup penutup atas magnetik yang dipatenkan. Struktur ini memperkuat kemampuan tahan percikan dan memudahkan pemasangan dan penggantian baterai. Pengguna dapat melepas penutup atas untuk membersihkan dispenser, menghindari aliran sabun yang disebabkan oleh sentuhan tidak sengaja pada tombol daya dan area sensor. Desain geometris minimalisnya dapat terintegrasi dengan lingkungan rumah. Bentuk bahu miring botol sabun mengurangi tinggi produk yang dirasakan dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Material utama dari cangkang dispenser adalah ABS dan PP yang dicetak injeksi. Berat bersihnya adalah 187,5g (tidak termasuk sabun tangan dan baterai). Voltase nominalnya adalah DC6V. Ukuran produknya adalah 104.5mm x 99mm x 164.5mm dan kapasitas sabun cairnya adalah 380ml. Waktu terpanjang untuk memicu sabun cair adalah 0,25 detik.

Proyek ini dimulai di Shenyang dan Guangzhou, China, pada Juli 2020. Pada Januari 2021, prototipe fungsional selesai dan produksi percobaan dimulai. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat dan mengurangi penyebaran kuman melalui cuci tangan yang tepat. Tim desain melakukan survei terhadap sekitar 500 sukarelawan, dan hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar peserta memperhatikan isu-isu seperti pemasangan baterai, desain modern, harga yang wajar, dan lainnya.

Salah satu tantangan dalam merancang Lemo H1 adalah menciptakan struktur yang mudah dipasang dan dilepas, sehingga pengguna lansia dan wanita dapat mengoperasikannya dengan mudah. Solusinya adalah dengan memilih struktur magnetik, dan penutup atas dapat dibuka dari atas tanpa bantuan alat. Komponen internal yang lebih ringkas dirancang untuk membuat produk tampak lebih indah dan mengurangi biaya.

Lemo H1 telah menerima penghargaan Iron dalam A' Home Appliances Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Produk ini dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Produk ini telah mengajukan paten desain dan paten model utilitas di China. Pemegang paten adalah Shenyang Leza Technology Co., Ltd. dengan nomor paten ZL 2020 3 0605583.7. Dengan semua fitur dan keunggulannya, Lemo H1 menunjukkan bagaimana desain dan inovasi dapat berkontribusi pada gaya hidup yang lebih sehat dan higienis.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Zhou Tong
Kredit Gambar: Zhou Tong
Anggota Tim Proyek: Li Xuesong Zhou Tong Liu Dazhi
Nama Proyek: Lemo H1
Klien Proyek: Zhou Tong


Lemo H1 IMG #2
Lemo H1 IMG #3
Lemo H1 IMG #4
Lemo H1 IMG #5
Lemo H1 IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang