Ripple: Perpustakaan Sekolah yang Menginspirasi

Design Action Mengubah Ruang dengan Desain Berkelas

Perpustakaan sekolah yang dirancang oleh Design Action, Ripple, mengubah cara siswa belajar dan berinteraksi dengan pengetahuan.

Design Action, tim desainer yang berpengalaman, telah menciptakan sebuah perpustakaan sekolah yang unik dan inspiratif bernama Ripple. Mengambil inspirasi dari tetesan air yang jatuh ke danau dan menciptakan gelombang, Ripple dirancang untuk merangsang proses belajar siswa. Dengan rak buku melengkung dan meja bundar di tengah perpustakaan, ruangan ini menjadi representasi fisik dari proses belajar yang dinamis dan berkelanjutan.

Proyek ini merupakan bagian dari skema subsidi langsung sekolah menengah yang diinisiasi oleh pemerintah. Kampus yang telah berusia lebih dari 35 tahun ini menghadapi berbagai masalah, termasuk rendahnya tingkat penggunaan perpustakaan. Design Action berharap dengan merenovasi dan mempercantik perpustakaan, mereka dapat menciptakan suasana yang hangat dan menarik, sehingga pengetahuan dapat disampaikan dengan efektif dan menginspirasi siswa untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik di masa depan.

Ripple dibuat dengan menggunakan berbagai material seperti laminasi plastik, karpet, ubin vinil, kain pengurang suara, batu, dan Corian. Dengan luas 2500 kaki persegi, perpustakaan ini menawarkan ruang belajar yang luas dan nyaman bagi siswa. Desain Ripple juga mencakup berbagai elemen alam, seperti penggunaan kayu berwarna terang dan tanaman hijau di setiap sudut perpustakaan, menciptakan suasana yang lebih dekat dengan alam.

Proyek ini selesai pada Februari 2020 di Yan Oi Tong Chan Wong Suk Fong Memorial Secondary School, Hong Kong. Dalam proses desainnya, tim Design Action melakukan penelitian mendalam tentang pendidikan estetika di Hong Kong dan bagaimana desain kampus dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Mereka percaya bahwa kampus yang nyaman dan estetis dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membantu membangun masyarakat yang lebih baik di masa depan.

Dalam menghadapi tantangan desain, tim Design Action memilih untuk menggunakan desain lengkung sebagai faktor utama dalam perpustakaan. Rak buku melengkung digunakan untuk memisahkan area yang berbeda, memungkinkan siswa menikmati proses mencari buku. Desain lengkung juga memaksimalkan ruang visual, membuat perpustakaan yang awalnya kecil dan membosankan menjadi ruang belajar yang dinamis dan menarik.

Desain Ripple telah mendapatkan penghargaan Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang menunjukkan kreativitas dan keahlian teknis yang luar biasa, serta berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Vincent Li
Kredit Gambar: Design Action
Anggota Tim Proyek: Creative Director: Vincent Li Designer: Mancy Li
Nama Proyek: Ripple
Klien Proyek: Vincent Li


Ripple IMG #2
Ripple IMG #3
Ripple IMG #4
Ripple IMG #5
Ripple IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang