Nibbiorosso: Desain E-Bike Modular untuk Petualangan di Pegunungan

Desain Inovatif oleh Marco Naccarella

Sebagai bagian dari proyek riset berkelanjutan, desain Nibbiorosso merupakan hasil dari analisis mendalam terhadap teks, artikel, wawancara dengan para ahli, dan pengalaman pribadi. Desain ini bertujuan untuk menciptakan produk alternatif yang abstrak dan futuristik, sekaligus mendorong perkembangan pasar di masa depan.

Didesain dengan konsep modular, Nibbiorosso adalah sepeda listrik (E-bike) yang dirancang khusus untuk petualangan di pegunungan. Ditenagai oleh baterai listrik 2.8kw 72v dengan torsi maksimal 160Nm, atau dapat juga digunakan dengan mengayuh pedal, sepeda ini dapat digunakan baik di jalan raya maupun off-road dengan 2 gigi depan dan 11 gigi belakang. Sirkuit terintegrasi pada sepeda ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melepas baterai dengan gerakan ganda, dan mesin dengan melepas pedal kanan untuk penggunaan sepeda konvensional. Selain itu, kotak pengontrolnya terpisah, sehingga memudahkan instalasi baterai di masa depan.

Dalam proses pembuatannya, Nibbiorosso menggunakan berbagai material seperti serat karbon, baja, baja krom, paduan aluminium, ABS, plastik, dan karet.

Spesifikasi teknis Nibbiorosso meliputi ukuran roda 29x2,3 inci, rangka serat karbon 11M-12M, jarak sumbu roda 1229mm pada versi L, sudut kepala tabung 66 derajat, setang karbon dengan sudut naik 6 derajat dan sudut belakang 8 derajat, panjang 800mm. Fork depan dengan diameter 40mm, offset 44mm, dan perjalanan 170mm. Shock belakang dengan pengaturan 2 posisi, rebound dan kompresi kecepatan tinggi dan rendah. Mesin listrik dengan daya 2800W, 72V, 11,6 Ah, dan torsi maksimal 120 Nm. Berat mesin listrik 4550 gram dan berat baterai 3100 gram. Jarak tempuh perkiraan tanpa mengayuh pedal adalah 60 km.

Nibbiorosso dapat digunakan seperti E-bike pada umumnya. Putaran setang akan menggerakkan pengguna dengan tenaga listrik. Namun, sepeda ini juga dapat berubah menjadi sepeda biasa. Dengan melepas baut kanan pada lengan pedal kanan, pengguna dapat menghapuskan cakram bulat yang mengubah tenaga dari baterai. Dengan menggunakan kunci ganda, pengguna juga dapat melepas paket baterai. Sirkuit sepeda ini terintegrasi, dan kotak pengontrol yang khusus memungkinkan konversi yang lebih cepat ke tenaga listrik saat memasang kembali baterai.

Proyek Nibbiorosso dimulai di Montecatini Terme dan karena pembatasan Covid-19, pekerjaan hanya dilakukan di sana. Proses perancangan dan pembangunan berlangsung sekitar satu tahun, dimulai dari Februari 2020. Pekerjaan pada Nibbiorosso melambat antara Maret dan Juni 2020 karena kebutuhan mendesak untuk proyek lain. Namun, hal ini segera diimbangi dengan penelitian dan desain yang lebih intensif setelah gangguan tersebut.

Penelitian mendalam menjadi dasar dari proses desain E-bike ini. Meskipun jenis E-bike seperti ini telah ada sejak lama, saya menantang diri sendiri untuk menginnovasi aspek teknologi demi kemudahan penggunaan dan kesederhanaan. Ada beberapa kesulitan dalam merancang bagian belakang rangka untuk menyesuaikan pegas shock, dengan tujuan menjaga komponen tetap aman dan memastikan keandalan. Secara keseluruhan, tujuan desain ini adalah untuk memajukan pasar E-bike dan sepeda gunung, serta menyajikan konsep yang provokatif yang dapat memenuhi dua keinginan dalam satu desain yang praktis namun modular.

Desain Nibbiorosso berhasil mengatasi tantangan dalam sistem suspensi rangka belakang. Meskipun ada beberapa bagian yang lebih menantang daripada yang lain, masalah pada tautan shock adalah yang paling kompleks. Menemukan tautan shock dengan spesifikasi yang sesuai dengan desain, sambil tetap terjangkau dan dapat diandalkan, sangat penting agar desain ini dapat berfungsi dengan baik.

Dalam desain sepeda, terutama E-bike, masalah keterjangkauan dan optimasi sistem tetap menjadi tantangan yang sulit diatasi. Menciptakan sistem yang dapat berfungsi secara andal dalam jangka panjang, sambil mudah dioperasikan dan dimodifikasi, sangat penting dalam pasar ini. Masalah seperti torsi, kesederhanaan sistem, masa pakai baterai, dan kemampuan tukar baterai juga menjadi fokus dalam proyek semacam ini.

Desain Nibbiorosso telah memenangkan penghargaan Bronze dalam A' Vehicle, Mobility and Transportation Design Award tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi. Desain ini menunjukkan keahlian teknis dan kreatif yang kuat serta memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Sumber Gambar: Marco Naccarella.

Catatan Kekayaan Intelektual: Nibbiorosso memiliki satu paten yang sedang diajukan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Marco Naccarella
Kredit Gambar: Marco Naccarella.
Anggota Tim Proyek: Marco Naccarella
Nama Proyek: Nibbiorosso
Klien Proyek: Marco Naccarella


Nibbiorosso IMG #2
Nibbiorosso IMG #3
Nibbiorosso IMG #4
Nibbiorosso IMG #5
Nibbiorosso IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang