Platanus: Membawa Humanisme ke Dalam Perawatan Medis

Desain Identitas Korporat oleh Pedro Panetto

Platanus, sebuah kantor psikiatri dengan visi humanis, mengejar idealisme yang sama dengan Hippocrates, pendiri kedokteran, yang mengajarkan ilmu kedokteran di bawah pohon Platanus di Pulau Kos, Yunani. Dengan menggabungkan elemen arsitektur Yunani kuno dan aspek organik pohon, Platanus membawa lebih banyak humanisme ke dalam perawatan medis rumah sakit dan semua hubungan antar orang dari bidang bio-medis.

Desain unik dari Platanus mencerminkan prinsip-prinsip dalam sejarah kedokteran yang harus dipulihkan. Simbol dibuat dengan mengikuti konsep organik; tipografi dirancang khusus untuk merek dan menggunakan format simbol sebagai parameter utamanya. Dengan demikian, semua elemen saling terhubung, tipografi mengikuti simbol dan simbol mengikuti konsep historis dan organik di balik nama Platanus.

Identitas visual yang diciptakan untuk Platanus berkinerja lebih baik daripada merek lainnya karena semua elemen grafis dan gaya visualnya saling terhubung. Semuanya mengarah ke konsep yang sama; oleh karena itu, kekuatan merek ini diperkuat melalui desainnya. Penelitian yang mendasari desain ini mencari konsep yang terkait dengan kedokteran dalam perspektif humanistik, yang mengarah pada akar-akarnya di Yunani dan ajaran Hippocrates.

Tantangan terbesar dalam proses desain ini adalah bagaimana konsep dan referensi visual harus berinteraksi dalam simbol. Ada berbagai elemen: kolom Yunani, struktur berbentuk pohon, daun Platanus, buah, cabang, dan jam pasir. Semua elemen ini memiliki ikatan kuat dengan dasar konseptual merek; membuat semua konsep ini berkonvergensi menjadi simbol visual sangat sulit, tetapi kami berhasil menggabungkan semuanya, menggunakan jejak yang sama, dan mencapai harmoni yang sempurna.

Platanus adalah praktik psikiatri di Brasil. Merek ini mewakili kedokteran humanis, yang terhubung dengan asal-usul pendidikan medis. Lebih banyak kemanusiaan, di bawah pohon platanus, inilah konsep logo dan simbol. Sistem identitas visual memiliki font sendiri, grafik dan semua elemen dirancang khusus untuk merek.

Desain ini telah memenangkan Silver dalam A' Graphics, Illustration and Visual Communication Design Award pada tahun 2021. Silver A' Design Award diberikan kepada desain yang luar biasa, kreatif, dan profesional yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Pedro Panetto
Kredit Gambar: Pedro Panetto
Anggota Tim Proyek: Pedro Panetto
Nama Proyek: Platanus
Klien Proyek: Pedro Panetto


Platanus IMG #2
Platanus IMG #3
Platanus IMG #4
Platanus IMG #5
Platanus IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang