Magic Lamp: Gabungan Teknologi 3D dan Kerajinan Tangan

Desain Unik Daragh Enright Menggabungkan Teknologi Modern dan Bentuk Alam

Desain lampu yang terinspirasi dari bentuk alam dan dibuat dengan teknologi 3D printing dan kerajinan tangan, menciptakan karya seni yang unik dan berkelas.

Desainer Daragh Enright menciptakan sebuah lampu yang tidak biasa, bernama "Magic Lamp". Terinspirasi oleh bentuk alami jamur Liberty Cap (Psilocybe Semilanceata), lampu ini merupakan gabungan sempurna antara teknologi modern dan kerajinan tangan. Bentuk jamur ini dipilih karena semakin dikenal dan memiliki makna yang mendalam seiring dengan penemuan potensi penyembuhan yang dimilikinya.

Uniknya, Magic Lamp dibuat dengan menggabungkan teknologi 3D printing dan kerajinan tangan pada bagian batang dan alas lampu. Material yang digunakan adalah plastik berbasis tanaman PLA dan kayu keras lokal dari hutan yang dikelola dengan baik. Lampu ini memiliki tiga tingkat kecerahan yang dapat dioperasikan dengan saklar sentuh yang tersembunyi di bagian alas lampu.

Proses pembuatan Magic Lamp dilakukan di sebuah bengkel kecil dengan menggunakan printer 3D Ender 3 pro V2 dan mesin perkayuan seperti gergaji pita, gergaji meja, planer, dan pengamplasan. Bagian kayu dibuat dengan cara dipahat tangan dan terdiri dari tiga bagian asli yang digabungkan.

Proses desain Magic Lamp dimulai pada awal 2020 di Ceske Budejovice, Czechia, dan selesai pada akhir 2020. Sejak Januari 2021, lampu ini telah dijual di Etsy. Dalam proses desainnya, Enright melakukan penelitian dan eksperimen di bengkelnya dan menggunakan perangkat lunak desain Fusion 360 untuk mendesain bagian yang dicetak 3D.

Tantangan terbesar dalam proses desain adalah menciptakan batang kayu yang tipis dan melengkung tanpa memotong kabel di dalamnya. Namun, dengan kreativitas dan inovasi, Enright berhasil mengatasi tantangan tersebut dan menciptakan lampu dengan bentuk yang unik dan menarik.

Magic Lamp telah mendapatkan penghargaan Silver dalam A' Lighting Products and Fixtures Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan untuk desain yang kreatif, profesional, dan menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Daragh Enright
Kredit Gambar: Daragh Enright
Anggota Tim Proyek: Daragh Enright
Nama Proyek: Magic
Klien Proyek: Daragh Enright


Magic IMG #2
Magic IMG #3
Magic IMG #4
Magic IMG #5
Magic IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang