Desain My Boundary: Menggabungkan Kecantikan dan Keberlanjutan

Desain Interior yang Memikat oleh Yi-Yun Chang

Sebagai konsumen desain yang bijak, setiap pembelian yang kita lakukan mencerminkan pengakuan dan tanggung jawab kita terhadap lingkungan. Setiap kali kita mengonsumsi, kita memilih jenis dunia tempat kita ingin tinggal.

Desain interior My Boundary oleh Yi-Yun Chang merupakan sebuah ruang hunian yang menunjukkan tekstur dan fungsi dengan rencana yang presisi dalam gaya modern. Desainer ini berhasil mengintegrasikan kebutuhan dan membagi ruang dengan sempurna. Dalam pembagian ruang, penggunaan kaca dan dinding blok kaca di ruang belajar memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan; cahaya dan bayangan mengalir perlahan di ruang tersebut.

Dalam hal bahan bangunan, kayu lapis dan balok kayu dikarbonisasi melalui proses suhu tinggi; sehingga, produk penghilang formaldehida tidak diperlukan, yang mengurangi konsumsi sumber daya. Adapun bahan dekoratif bangunan, dinding TV dihiasi dengan ubin dinding yang dapat didaur ulang yang terbuat dari busa PP untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Lemari terbuat dari kayu lapis; dinding terbuat dari blok kaca dengan lapisan ramah lingkungan.

Ruang hunian ini memiliki luas 69,42 meter persegi. Melalui variasi cahaya dan bayangan, tercipta hubungan antara tuan rumah dan lingkungan luar. Dekorasi setengah lingkaran di ruang utama tidak hanya membuat garis lebih hidup tetapi juga memperluas pandangan ruang. Bayangan dan warna berubah dengan setiap langkah yang diambil orang saat memasuki ruangan.

Proyek ini selesai pada bulan Oktober 2020 di Kota Taoyuan, Taiwan. Dalam mempertimbangkan pemanasan global, AC hemat energi dipasang untuk mengurangi emisi karbon. Filosofi desainer dalam hal hemat energi dan keberlanjutan terlihat dalam setiap detailnya. Desainer berharap ide ini dapat menjadi pemicu kebaikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberlanjutan.

Dalam tren kontemporer, desainer menganjurkan penggantian bahan baku yang tidak dapat didaur ulang dengan bahan ramah lingkungan; mereka juga mengajarkan klien mereka bahwa penggunaan bahan ramah lingkungan tidak akan merusak estetika dan tekstur desain.

Ruang hunian ini menunjukkan tekstur dan fungsi dengan rencana yang presisi dalam gaya modern. Dekorasi setengah lingkaran di ruang utama tidak hanya membuat garis lebih hidup tetapi juga memperluas pandangan ruang. Bayangan dan warna berubah dengan setiap langkah yang diambil orang saat memasuki ruangan. Pertemuan dinding TV dihiasi dengan bahan yang berbeda, strip titanium, untuk meningkatkan lapisan dan kualitasnya, yang menunjukkan kecerdikan desainer dan memberikan kejutan bagi tuan rumah. Elemen logam sering digunakan dalam ruang ini untuk menunjukkan kualitas tanpa terlalu mencolok.

Desain My Boundary oleh Yi-Yun Chang adalah pemenang Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award 2022 untuk Kategori Desain Ruang Interior, Ritel, dan Pameran. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Penghargaan ini dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada perbaikan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Yi-Yun Chang
Kredit Gambar: Guan Pin
Anggota Tim Proyek: Director: Chang Yi Yun
Nama Proyek: My Boundary
Klien Proyek: Yi-Yun Chang


My Boundary IMG #2
My Boundary IMG #3
My Boundary IMG #4
My Boundary IMG #5
My Boundary IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang