Modern Chinese: Kursi Bergaya Oriental dengan Sentuhan Teknologi Masa Kini

Jonathan Nieh Menghadirkan Gaya Baru dalam Desain Furnitur dengan Kursi Modern Chinese

Jonathan Nieh, seorang desainer berbakat, menggabungkan estetika tradisional dan teknologi modern dalam desain kursinya yang berjudul 'Modern Chinese'. Kursi ini mencerminkan keindahan dan kesederhanaan gaya hidup kontemporer dengan sentuhan oriental.

Modern Chinese adalah kursi yang terinspirasi dari kursi lengan tradisional China dan desain kursi No. B33 karya Marcel Breuer. Motif asli bukanlah untuk menyederhanakan kursi lengan tradisional China menjadi tampilan modern, melainkan untuk meminjam desain dari masa lalu dan menggabungkannya dengan teknologi dan material saat ini untuk menciptakan gaya baru furnitur China.

Properti unik dari kursi ini terletak pada konsep keseluruhannya, yaitu meminjam bentuk kursi lengan tradisional China dan menggabungkannya dengan teknologi dan material terkini seperti proses CNC dan plywood untuk menciptakan furnitur bergaya China yang modern dan organik.

Proses pembuatan kursi ini melibatkan teknologi CNC, plywood, dan kayu solid (walnut). Spesifikasi teknis kursi ini adalah lebar 765mm x kedalaman 650mm x tinggi 800mm dengan tinggi dudukan 420mm.

Kursi Modern Chinese ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk, tetapi juga dapat dianggap sebagai karya seni. Proyek ini dimulai pada Maret 2021 di Taipei, Taiwan dan sedang dalam proses perubahan minor.

Desain ini menghadapi tantangan dalam merancang struktur yang tepat dan menghitung kekuatan kayu yang mampu menopang berat manusia. Ide awal adalah menggunakan tabung logam dan teknik bending untuk membuat struktur kursi, tetapi penampilan akhir tampak terlalu dingin dan kontemporer, oleh karena itu, material diubah dari logam kembali ke kayu.

Desain kursi ini terinspirasi dari kursi lengan tradisional China dan kursi No. B33 Marcel Breuer, kursi Modern Chinese berusaha mengganggu dunia desain furnitur. Dengan menggunakan teknik proses CNC, kursi ini mampu mempertahankan tampilan kursi lengan tradisional China tetapi mengatasi proses konstruksi biasa, di mana potongan kayu harus dihubungkan melalui sambungan kayu. Alih-alih bentuk sudut biasa, kursi modern ini memiliki bentuk yang lancar dan mulus, meniru keindahan dan keindahan goresan kaligrafi.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Silver dalam A' Furniture Design Award pada tahun 2022. Penghargaan Silver A' Design Award diberikan kepada desain yang kreatif, profesional luar biasa yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Jonathan Nieh
Kredit Gambar: Jonathan Nieh
Anggota Tim Proyek: Jonathan Nieh
Nama Proyek: Modern Chinese
Klien Proyek: Jonathan Nieh


Modern Chinese IMG #2
Modern Chinese IMG #3
Modern Chinese IMG #4
Modern Chinese IMG #5
Modern Chinese IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang