Ruang Pameran Rahasia: Merangkai Seni Digital dan Estetika Tiongkok

Pameran Kreatif Budaya di Museum Nasional Tiongkok

Pameran Kreatif Budaya di Museum Nasional Tiongkok telah mengintegrasikan seni digital modern dengan estetika Tiongkok yang kaya warisan. Dalam desain ini, Yuan Jiang dan Chen Song dari SODA menciptakan sebuah ruang pameran yang menghadirkan pengalaman yang mendalam bagi pengunjung. Konsep desain ini berhasil mengatasi batasan-batasan ruang pameran produk budaya tradisional, dan mengubahnya menjadi ruang publik kontemporer yang baru dengan narasi dan norma baru.

Pameran ini didasarkan pada koleksi yang terus berkembang dari Museum Nasional Tiongkok yang mencakup harta karun peradaban Tiongkok dari masa ke masa. Koleksi ini meliputi berbagai macam benda mulai dari tulang ramalan Yin Shang hingga sampel tanah bulan, yang menyatukan sebuah cerita yang terus berlanjut tentang peradaban Tiongkok.

SODA berhasil mengintegrasikan seni digital modern ke dalam estetika Tiongkok yang diwarisi, dan menciptakan ruang pameran budaya dan kreatif dengan pengalaman yang mendalam. Konsep desain ini berhasil mengatasi batasan-batasan ruang pameran produk budaya tradisional, dan mengubahnya menjadi ruang publik kontemporer yang baru dengan narasi dan norma baru.

Dalam proyek ini, SODA ingin menghubungkan orang dengan ruang dan objek melalui pengalaman pengguna dan interaksi spasial dalam pembangunan ruang publik modern. Mereka melakukan penelitian dan menyesuaikan permukaan media untuk memberikan pengalaman yang mulus dalam interaksi antara permukaan fisik dan antarmuka virtual. Mereka juga mengembangkan program AR ruang yang menambahkan lapisan ruang virtual sejajar dengan ruang fisik, di mana pengunjung dapat memiliki pengalaman dimensi ekstra di luar pemahaman sehari-hari mereka, dan memiliki pengalaman imajinatif tentang hiperrealitas.

Pameran ini menawarkan pengalaman yang unik bagi pengunjung. Secara fisik, pengunjung akan menemui produk sejarah dan budaya sepanjang lorong-lorong yang mengalir. Secara virtual, pengunjung akan tenggelam dalam aliran digital karakter Tiongkok yang berasal dari koleksi museum. SODA menginterpretasikan peradaban Tiongkok dengan kosakata estetika kontemporer, memulai dialog baru tentang hubungan antara sejarah, modernitas, dan masyarakat.

Hanya dengan partisipasi pengunjung, karya ini menjadi lengkap. Oleh karena itu, pameran ini menyediakan suvenir digital yang dapat dibagikan kepada mereka yang datang dan menjelajahi ruang pameran budaya dan kreatif yang baru ini.

Proyek ini dimulai pada bulan Mei 2020 dan selesai pada bulan Desember 2020, dan dipamerkan di Museum Nasional Tiongkok. Tim SODA melakukan penelitian mendalam terhadap benda-benda pameran penting dari berbagai periode di Museum Nasional dan memilih tujuh karya yang mewakili dari koleksi tersebut. Teks kuno dari era tersebut digabungkan melalui inovasi artistik menjadi aliran kata-kata yang panjang. Hasil akhirnya adalah gambar grafis bergerak yang mengalir melalui layar LED di ruang Museum Nasional.

Tantangan dalam desain ini adalah untuk mengatasi tampilan konvensional produk budaya dan kreatif di toko dan memungkinkan pelanggan untuk menjelajahi produk-produk turunan budaya seperti dalam sebuah pameran, mengubah ruang penjualan menjadi ruang pameran. Produk dan etalase yang berbentuk pulau saling melengkapi, memberikan cara baru untuk menjelajahi koleksi Museum Nasional.

Pameran Kreatif Budaya di Museum Nasional Tiongkok yang dihasilkan oleh SODA telah mengintegrasikan seni digital modern dengan estetika Tiongkok yang diwarisi, dan menciptakan ruang pameran budaya dan kreatif dengan pengalaman yang mendalam. Konsep desain ini berhasil mengatasi batasan-batasan ruang pameran produk budaya tradisional, dan mengubahnya menjadi ruang publik kontemporer yang baru dengan narasi dan norma baru.

Pameran ini telah meraih penghargaan Iron dalam A' Design Award 2022 untuk kategori Desain Interior, Ruang Pameran, dan Ritel. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Penghargaan ini dihormati karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi untuk dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Yuan JIANG,Chen SONG
Kredit Gambar: Digital Artist: Li Yazhou, Li Ke Photo Credits: Chen Xiyu Video: Wang Jiashuai
Anggota Tim Proyek: Lead Designer: Jiang Yuan and Song Chen Space & Digital Design Team: He Yue
Nama Proyek: Secret Exhibition
Klien Proyek: Yuan JIANG,Chen SONG


Secret Exhibition IMG #2
Secret Exhibition IMG #3
Secret Exhibition IMG #4
Secret Exhibition IMG #5
Secret Exhibition IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang