Meredefinisikan Pengalaman Menikmati Anggur dengan "The Wine Barrel Classic"

Desain Kemasan Inovatif oleh Antonia Skaraki

Pendahuluan

Menikmati anggur bukan lagi ritual eksklusif bagi kalangan elit. Antonia Skaraki, seorang desainer yang visioner, telah menciptakan "The Wine Barrel Classic", sebuah desain kemasan anggur yang unik dan inovatif. Desain ini mengubah cara kita menikmati anggur, merubahnya dari ritual yang formal menjadi pengalaman santai bersama teman.

Desain ini terinspirasi oleh konsep anggur dalam lingkungan alaminya, yaitu tong anggur. Skaraki menciptakan kemasan yang menyerupai tong anggur, dengan tujuan untuk mendemokratisasi proses menikmati anggur. Selain penampilannya, simbol pengalaman baru ini diperkuat dengan cara penyajian anggur, yaitu dengan menggunakan keran pada kemasan.

Uniknya, "The Wine Barrel Classic" adalah kemasan anggur yang tidak menggunakan botol. Ini merupakan tantangan utama dalam desain ini; membalik ide yang sudah mapan bahwa anggur berkualitas hanya bisa ada dalam wadah kaca dan meruntuhkan persepsi bahwa anggur baik adalah hobi yang tidak terjangkau dan elit yang hanya bisa dinikmati dalam konteks keahlian anggur.

"The Wine Barrel Classic" dibuat dari karton dan mudah didaur ulang. Spesifikasinya mencakup kertas karton, tas aluminium, keran plastik dengan ukuran 17cm lebar, 14cm tinggi, dan 20,6cm kedalaman. Bentuknya yang heksagonal membuatnya mudah untuk dibawa dan disajikan.

Proyek ini dimulai pada Oktober 2020 di Athena dan masih berlangsung hingga saat ini. Dalam proses desainnya, Skaraki melakukan penelitian mendalam untuk menciptakan bentuk "The Wine Barrel Classic". Menggunakan kreativitas untuk mendemokratisasi seni menikmati anggur memberikan tantangan yang luar biasa, menjadikan desain bentuk "The Wine Barrel Classic" sebagai sorotan dalam proyek ini.

Desain ini telah mendapatkan penghargaan prestisius, Iron A' Packaging Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Antonia Skaraki dan timnya telah berhasil menciptakan sebuah desain kemasan anggur yang inovatif dan unik, yang tidak hanya merubah cara kita menikmati anggur, tetapi juga memberikan pengalaman baru dalam menikmati anggur. "The Wine Barrel Classic" adalah contoh sempurna bagaimana desain dan inovasi dapat merubah cara kita melihat dan menikmati hal-hal sehari-hari.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Antonia Skaraki
Kredit Gambar: Antonia Skaraki
Anggota Tim Proyek: Greative Director: Antonia Skaraki Art Director: Andreas Deskas
Nama Proyek: The Wine Barrel Classic
Klien Proyek: Antonia Skaraki


The Wine Barrel Classic IMG #2
The Wine Barrel Classic IMG #3
The Wine Barrel Classic IMG #4
The Wine Barrel Classic IMG #5
The Wine Barrel Classic IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang