Dawn of Spring: Arsitektur yang Mengintegrasikan Alam dan Teknologi

Junyun Architecture Design Office Merancang Komunitas Hunian dengan Pendekatan Inovatif

Proyek Dawn of Spring, yang berlokasi di Zhengzhou, China, adalah perwujudan dari visi Junyun Architecture Design Office dalam menciptakan hunian yang modern, mewah, dan harmonis dengan lingkungan sekitarnya.

DAWN OF SPRING adalah komunitas hunian yang berlokasi di International Eco-Aquapolis, Zhengzhou, China. Area demonstrasi ini terletak di persimpangan jalan di barat daya komunitas hunian. Bangunan ini beresonansi dengan sudut jalan melalui blok-blok yang dipotong dengan halus. Ini adalah volume tiga lantai, dengan lantai kedua dan ketiga diangkat di atas blok transparan di bagian bawah, sehingga menciptakan citra arsitektural "mengambang".

Ruang yang dapat diperluas diciptakan oleh dinding layar yang proporsional dan saling terhubung di pintu masuk area demonstrasi. Dengan bentuk yang asimetris dan fleksibel, area pintu masuk ini terintegrasi dengan baik dengan tubuh bangunan utama. Bangunan dan dinding layar luar mengelilingi halaman air yang tenang dan berkelok-kelok. Saat berjalan di atasnya, pengunjung dapat merasakan pemandangan yang bervariasi. Interaksi antara nyata dan maya serta bayangan pohon yang bercak-bercak menciptakan pemandangan yang puitis.

Dinding tirai kaca lantai pertama dari tubuh bangunan utama menciptakan transparansi dan integritas. Area besar panel aluminium berlubang yang digunakan pada fasad lantai kedua dan ketiga menghasilkan efek visual yang seragam dan eksterior yang kabur dan estetis, yang melemahkan batas antara bangunan dan lingkungan sekitarnya. Kerutan vertikal dari panel berlubang memecah rasa monoton yang disebabkan oleh area besar material seragam.

Proyek ini menempati area lantai bruto sebesar 1.989,32 meter persegi, area plot sebesar 682,18 meter persegi, dan area lanskap sebesar 2.908,63 meter persegi. Proyek ini dimulai pada Maret 2020 di Zhengzhou City, Provinsi Henan, China dan selesai pada Oktober 2020 di Zhengzhou City, Provinsi Henan, China.

Proyek ini berfungsi sebagai area demonstrasi pada tahap awal, dan sebagai taman kanak-kanak pada tahap akhir. Untuk memenuhi dua persyaratan fungsional yang berbeda dan nyaman untuk transformasi, Junyun Architecture Design Office melakukan penelitian tentang kasus serupa, analisis model blok dan analisis sirkulasi situs sebelum membuat skema desain akhir. Dengan mengubah eksterior, mereka menciptakan fasad yang berbeda untuk taman kanak-kanak dan area demonstrasi masing-masing.

Tantangan terbesar adalah pemilihan lokasi untuk area demonstrasi. DAWN OF SPRING direncanakan untuk menampung fasilitas publik yang memancarkan lingkungan sekitarnya, sehingga area tanahnya untuk pusat kesehatan, ruang layanan komunitas komprehensif, pusat kegiatan budaya, rumah untuk orang tua dan taman kanak-kanak jauh lebih besar daripada lingkungan sekitarnya. Selain itu, ada persyaratan ketat untuk paparan sinar matahari di taman kanak-kanak masa depan.

Proyek ini berlokasi di International Eco-Aquapolis, Zhengzhou. Bangunan ini beresonansi dengan sudut jalan melalui blok-blok yang dipotong dengan halus. Ini adalah volume tiga lantai, dengan lantai kedua dan ketiga diangkat di atas blok transparan di bagian bawah. Dengan warna putih sebagai nuansa utama, arsitek merestrukturisasi fasad melalui kombinasi titik, garis dan bidang. Fasad atas tubuh bangunan utama terdiri dari pelat berlubang, sementara bagian bawah dilapisi kaca, yang mengaburkan batas antara ruang.

Desain ini telah dianugerahi Silver dalam A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2022. Silver A' Design Award: Diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan luar biasa yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: JUNYUN Architecture Design Office
Kredit Gambar: Image #1: Photographer ZYstudio Image #2: Photographer ZYstudio Image #3: Photographer ZYstudio Image #4: Photographer ZYstudio Image #5: Photographer ZYstudio
Anggota Tim Proyek: Hou Qiang, Jiang Hao, Wu Hanfeng, Lou Xinxin, Zhao Wenqin, Lu Tingwan, Dai Lingzhou, Zhang Hongyan
Nama Proyek: Dawn of Spring
Klien Proyek: JUNYUN Architecture Design Office


Dawn of Spring IMG #2
Dawn of Spring IMG #3
Dawn of Spring IMG #4
Dawn of Spring IMG #5
Dawn of Spring IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang