Zino: Inovasi Desain dalam Dunia Ultrasonografi

Desain Ultrasonografi yang Menggabungkan Estetika dan Inovasi

Zino adalah sistem ultrasonografi yang dirancang atas perintah Med Fanavaran Plus. Ide di baliknya adalah menciptakan perangkat dengan biaya rendah yang dapat digunakan oleh para profesional. Selain itu, dengan menghemat biaya, perangkat ini dapat diakses oleh kelompok target dengan keuangan yang lebih terbatas. Tim desain bertujuan untuk menambah nilai melalui inovasi estetika.

Zino memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dari perangkat ultrasonografi lainnya. Untuk menghemat biaya, mekanisme penyesuaian tinggi trolley dihilangkan, sehingga dimensi persentil ke-50 digunakan agar lebih banyak pengguna dapat menggunakan perangkat ini. Transduser probe dipindahkan ke bagian belakang, sehingga lebih mudah dikelola dan memberikan tampilan yang lebih rapi. Kombinasi panel kontrol fisik dengan trolley yang memiliki tampilan modern membuat desain estetika Zino menjadi berbeda dari yang lain, namun tetap mengikuti prinsip form follows function. Mekanisme lengan juga memungkinkan sudut pandang monitor yang berbeda.

Spesifikasi teknis Zino adalah 76,5 cm * 89 cm * 140 cm. Perangkat ini dirancang oleh Mohammadsina Gavili dan tim desainnya, termasuk Shabnam Kamyar, Mohammad Sajjad Hakam, Nazanin Omidi, Siavash Aspari, Atieh Jahanshahi, dan Narges Abbaszadeh. Proyek ini dimulai pada Agustus 2020 dan selesai pada Juni 2021 di Tehran.

Terdapat tiga tantangan utama dalam proyek ini. Pertama, merancang ultrasonografi stasioner yang lebih kecil namun cukup kuat untuk tahan terhadap kerusakan di lingkungan medis, sambil tetap cukup kecil untuk mengurangi biaya kemasan dan pengiriman. Sirkulasi udara adalah tantangan kedua. Zino tidak perlu dimatikan untuk didinginkan karena sirkulasi udaranya telah ditingkatkan, sehingga dapat digunakan secara terus-menerus. Tantangan lainnya adalah menciptakan struktur tubuh yang kuat yang akan menghemat biaya perawatan.

Zino adalah ultrasonografi yang kompak, berkualitas profesional, dan dengan harga terjangkau. Mekanisme penyesuaian tinggi pada panel kontrol dihilangkan untuk menghemat biaya, dan trolley dimodifikasi untuk mengkompensasi dan membuatnya lebih dapat digunakan oleh berbagai pengguna. Perangkat ini dapat digunakan secara terus-menerus berkat sirkulasi udara yang baik. Tim desain juga bertujuan untuk menambah nilai melalui inovasi estetika. Transduser probe dipindahkan ke bagian belakang, sehingga lebih mudah dikelola dan memberikan tampilan yang lebih rapi. Meskipun desain estetika Zino berbeda dari produk lainnya, namun tetap mengikuti prinsip form follows function.

Zino telah meraih penghargaan Silver dalam A' Medical Devices and Medical Equipment Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini, yang diakui karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Mohammadsina Gavili
Kredit Gambar: Image #1: Rendered by Atieh Jahanshai, 2021 Image #2: Rendered by Atieh Jahanshai, 2021 Image #3: Rendered by Atieh Jahanshai, 2021 Image #4: Rendered by Atieh Jahanshai, 2021 Image #5: Rendered by Atieh Jahanshai, 2021
Anggota Tim Proyek: Mohammad Sina Gavili Shabnam Kamyar Mohammad Sajjad Hakam Nazanin Omidi Siavash Aspari Atieh Jahanshahi Narges abbaszadeh
Nama Proyek: Zino
Klien Proyek: Mohammadsina Gavili


Zino IMG #2
Zino IMG #3
Zino IMG #4
Zino IMG #5
Zino IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang