Desain Oak: Mode Rajutan Tangan yang Berkelanjutan

Karya Leila Doroodchi

Pendahuluan

Desain Oak adalah sebuah koleksi rajutan tangan yang unik dan berkelanjutan yang menggabungkan seni, alam, dan keindahan alam liar. Diciptakan oleh desainer ternama Leila Doroodchi, koleksi ini menggabungkan keindahan hutan ek Oak di Iran dengan kreativitas dan keahlian rajutan tangan.

Desainer Leila Doroodchi terinspirasi oleh keindahan hutan ek Oak Zagros, salah satu harta karun seni yang berharga di Iran. Setiap tahun, ia memiliki keinginan kuat untuk menginspirasi salah satu harta karun seni dari tanah airnya dan mendesain motif-motif seni yang dapat dipercaya pada koleksi rajutan musim dinginnya. Ia ingin menciptakan gambaran yang brilian dari keindahan alam yang mengesankan.

Desain Oak memiliki keunikan dan kekuatan tersendiri. Produksi fashion berkelanjutan dianggap sebagai salah satu aspirasi yang bermakna dalam Koleksi LILIDCHI. Seluruh proses produksi tidak bersifat industri dan semua produk dibuat secara handmade. Setiap cape membutuhkan waktu sekitar 100-120 jam untuk dihasilkan sepenuhnya. Bahan yang digunakan adalah wol alami yang tidak akan merusak lingkungan dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Desain Oak direalisasikan dengan menggunakan teknologi rajutan tangan. Tidak ada mesin industri yang digunakan dalam proses ini. Satu-satunya alat yang digunakan adalah dua jarum rajut. Kain-kainnya dihasilkan dengan cara merajut dari baris dasar di jarum. Kualitas produksinya sangat terjamin dan berkualitas tinggi, sehingga tidak akan cepat rusak dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Desain Oak didasarkan pada penelitian yang mendalam. Desainer melakukan penelitian tentang desain Qashqai sejak tahun 2015 dan melakukan penelitian lapangan tentang suku Nomaden. Dalam sketsa awal, karya seni ini disajikan dalam bentuk desain rajutan yang lebih mirip dengan karpet. Kemudian, pada tahun 2018, desainer memilih motif-motif sejarah dari keramik Kashan Sialk. Desain Oak adalah hasil dari kombinasi dari penelitian-penelitian sebelumnya ini.

Desain Oak juga menghadapi tantangan kreatif dan teknis. Semua desain dan motif digambar dengan cepat dan bebas, kemudian diterapkan dan digambar dalam aplikasi perangkat lunak ilustrasi sebagai bentuk desain karpet. Akhirnya, desain-desain ini seperti prosedur menenun karpet rajutan tangan.

Koleksi Desain Oak ini telah memenangkan penghargaan bergengsi, yaitu Iron A' Design Award dalam kategori Fashion, Apparel, and Garment Design pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Desain ini dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Koleksi Desain Oak ini merupakan bukti nyata bahwa seni, alam, dan kreativitas dapat bersatu dalam sebuah karya yang indah dan berkelanjutan. Dengan menggabungkan keindahan alam liar dengan keahlian rajutan tangan, Leila Doroodchi telah menciptakan koleksi yang unik dan memukau.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: LILI DCHI
Kredit Gambar: Image #1: Photographer Elect Studio, Lut, 2021. Image #2: Photographer Elect Studio, Bamdad, 2021. Image #3: Photographer Elect Studio, Tawoos, 2021. Image #4: Photographer Elect Studio, All in one, 2021. Image #5: Photographer Elect Studio, Turkmen, 2021.
Anggota Tim Proyek: Designer: Leila Doroodchi Creative Director: Kiavash Pooladi Marketing Director: Zahra Doroodchi Business Development Director: Zohre Doroodchi
Nama Proyek: Oak Project
Klien Proyek: LILI DCHI


Oak Project IMG #2
Oak Project IMG #3
Oak Project IMG #4
Oak Project IMG #5
Oak Project IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang