Kursi Ayunan: Desain Unik yang Menggabungkan Kesenangan dan Gerakan

Oleh Jiangying Guo

Seating

Kursi Ayunan ini terinspirasi dari ayunan. Saya ingin menggabungkan kesenangan dan gerakan ayunan ke dalam sebuah kursi yang biasanya dianggap memiliki sudut tetap antara tempat duduk dan sandaran.

Kursi ini memiliki keunikan dalam merespons gerakan tubuh manusia dan menciptakan interaksi dinamis dengan pengguna - untuk mereka bersantai dan bermain. Tempat duduk dan sandaran yang fleksibel dan dapat disesuaikan mengikuti posisi duduk yang disukai pengguna dan gerakan mereka saat duduk. Kursi ini juga memiliki struktur minimalis: tempat duduk dan sandaran didukung oleh rangka sederhana (61x61x61cm), memberikan kesan melayang dan kursi yang ringan.

Untuk merealisasikan desain ini, saya menggunakan kayu Oak untuk struktur, kayu lapis untuk tempat duduk dan sandaran, tali katun untuk ayunan, dan sekrup karet untuk menghubungkan sandaran. Kursi ini memiliki spesifikasi teknis dalam bentuk struktur "kubus sempurna" dengan ukuran 61x61x61cm.

Salah satu tantangan dalam desain ini adalah mengendalikan tingkat gerakan, yang dipengaruhi oleh desain dan bahan. Memberikan terlalu banyak gerakan dapat membuat pengguna terjatuh dari kursi. Tali katun yang tebal memiliki tekstur kasar dan menciptakan gesekan yang baik dengan kayu, sehingga memungkinkan tempat duduk tetap bergerak namun dalam cara yang terkendali dan aman.

Kursi Ayunan ini dapat diatur sudut antara tempat duduk dan sandaran dari 120 hingga 133 derajat, sesuai dengan gerakan pengguna. Proyek ini selesai di Kopenhagen pada tahun 2017 dan memakan waktu sekitar 2 bulan untuk desain dan produksi.

Desain ini telah meraih penghargaan Iron dalam A' Design Award 2022. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang didesain dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Desain ini dihormati karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Jiangying Guo
Kredit Gambar: Jiangying Guo
Anggota Tim Proyek: Jiangying Guo
Nama Proyek: The Swing Chair
Klien Proyek: Jiangying Guo


The Swing Chair IMG #2
The Swing Chair IMG #3
The Swing Chair IMG #4
The Swing Chair IMG #5
The Swing Chair IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang