Totem: Sistem Dapur Vertikal yang Fleksibel dan Modular

Inovasi dalam Desain Dapur oleh Andrea Cingoli

Dalam dunia desain, inspirasi dapat datang dari berbagai sumber. Bagi Andrea Cingoli, desainer terkenal, inspirasinya datang dari tiang totem. Konsep ini menghasilkan Totem, sebuah sistem dapur vertikal yang unik dan inovatif. Dengan fleksibilitas dan keindahan minimalisnya, Totem dapat ditempatkan di berbagai konteks, mulai dari kantor hingga restoran di pinggir jalan raya.

Totem adalah sistem dapur vertikal yang dapat disesuaikan. Modul-modulnya dapat berfungsi sebagai wadah, oven, penyerap asap, lemari es, kompor, meja dapur, wastafel, mesin kopi, mesin pencuci piring, dan apa pun yang diperlukan untuk membentuk dapur lengkap. Jika tidak diperlukan saluran pembuangan, kombinasi dapur ini dapat ditempatkan di mana saja dan dapat dirakit sesuai kebutuhan untuk menghias kantor, ruang kantin, dapur yang sudah ada, atau memecahkan masalah ruang di apartemen kecil. Totem memungkinkan penggunaan perangkatnya pada 1, 2, 3, atau bahkan 4 sisi.

Totem terdiri dari modul-modul kontainer yang terelektrifikasi yang dapat menampung berbagai jenis peralatan rumah tangga. Setiap modul terdiri dari struktur logam dan lapisan yang dipilih sesuai dengan konteks dan fungsi yang akan diakomodasi. Produk ini diproduksi dengan merakit elemen-elemen sederhana dan modular yang dipasang dengan sekrup.

Setiap elemen kontainer memiliki spesifikasi sebagai berikut: - Lebar: 650mm - Kedalaman: 650mm - Tinggi: Variabel, antara 150mm hingga 900mm tergantung pada fungsi yang diakomodasi.

Totem tidak hanya menawarkan fleksibilitas dalam penggunaan, tetapi juga dalam penempatannya. Sistem dapur ini dapat ditempatkan di mana saja dan dapat diintegrasikan ke dalam berbagai jenis ruang. Keberadaan UPS (baterai yang memungkinkan dapur ini tetap berfungsi bahkan tanpa pasokan listrik utama) juga memastikan operasionalnya selama pemadaman listrik, sehingga memungkinkan kelancaran rantai dingin makanan.

Proyek ini dimulai pada Februari 2019 di Teramo dan selesai pada Februari 2022 di Teramo. Selama proses desain, penelitian yang mendalam dilakukan untuk mempelajari ruang minimum dari berbagai komponen dan kebutuhan pengguna di berbagai ruang yang sering digunakan, mulai dari rumah hingga kantor, dari toko hingga restoran di pinggir jalan raya, dari kemping hingga kapal pesiar. Tantangan kreatif yang dihadapi adalah mengkonfigurasi sistem yang dapat beradaptasi dengan semua ruang dan posisi, sambil tetap memastikan efisiensi dan fungsionalitas penuh dalam ruang yang terbatas. Pilihan untuk dapat ditumpuk dan desain yang bersih memungkinkan pencapaian kompromi yang baik antara berbagai isu yang terlibat.

Totem telah mendapatkan pengakuan yang layak dengan memenangkan Iron A' Design Award dalam kategori A' Kitchen Furniture, Equipment and Fixtures Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Totem dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Totem, dengan desainnya yang unik dan inovatif, membuktikan bahwa dapur dapat menjadi lebih fleksibel dan modular. Dengan memadukan fungsionalitas dan keindahan minimalis, Totem menghadirkan solusi yang cerdas untuk masalah ruang dalam gaya hidup modern.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Andrea Cingoli
Kredit Gambar: Andrea Cingoli
Anggota Tim Proyek: Design and Creative Director : Andrea Cingoli Engineering: Luigi Carbone Modeling and Rendering: Umbertino La Sorda
Nama Proyek: Totem
Klien Proyek: Andrea Cingoli


Totem IMG #2
Totem IMG #3
Totem IMG #4
Totem IMG #5
Totem IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang