Foodie: Aplikasi Rekomendasi Restoran Berbasis Teman

Menemukan Restoran Terbaik dari Rekomendasi Teman

Sebagai seorang pecinta kuliner yang tinggal di New York City, saya sering menggunakan aplikasi seperti Yelp dan Google untuk mencari restoran, terutama yang menyajikan makanan etnis yang belum pernah saya coba sebelumnya. Namun, saya menyadari bahwa meskipun aplikasi-aplikasi tersebut didukung oleh data besar, saya lebih mempercayai rekomendasi dari teman-teman saya dalam mencari restoran. Pengalaman ini membuat saya penasaran tentang mekanisme kepercayaan yang berbeda ini: Bagaimana cara kita membantu orang-orang menemukan restoran berdasarkan rekomendasi dari teman-teman mereka?

Foodie adalah aplikasi seluler yang bertujuan untuk memanfaatkan tindakan berbagi preferensi pribadi dengan lingkaran sosial seseorang, yang umumnya terjadi dalam pengaturan offline, ke platform digital. Transformasi ini memungkinkan proses berbagi informasi ini untuk meluas di luar skenario terbatas sehingga pengguna dapat membuat konten dan mengakses informasi kapan dan di mana pun mereka membutuhkannya.

Aplikasi ini membutuhkan mesin pencari yang kuat, layanan peta dan navigasi, serta database restoran untuk berfungsi dengan baik. Foodie dirancang untuk sistem iOS.

Pada layar "Teman", pengguna akan melihat pembaruan terbaru dari teman-teman mereka, misalnya, teman menambahkan restoran baru ke daftar mereka. Mereka juga dapat menjelajahi semua daftar yang dibuat oleh teman-teman mereka. Untuk mengelola restoran di daftar mereka sendiri, pengguna dapat dengan mudah beralih ke layar "Daftar Saya". Mereka dapat menggunakan filter untuk dengan mudah menemukan jenis restoran tertentu di daftar mereka. Pada layar "Peta", pengguna dapat mencari restoran di sekitar atau di sekitar lokasi tertentu.

Proyek ini dimulai pada Agustus 2019 dan selesai pada Januari 2020, di New York City. Saya melakukan wawancara dengan 10 peserta berusia antara 20-40 tahun, semuanya pengguna Yelp atau Google. Peserta diminta untuk menyusun kartu-kartu dengan sumber informasi untuk menunjukkan seberapa sering mereka menggunakan dan seberapa banyak mereka mempercayai masing-masing sumber tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkaran sosial adalah sumber informasi yang paling dipercaya dan kedua yang paling banyak digunakan ketika peserta mencari rekomendasi restoran. Temuan ini memvalidasi dasar proyek ini: meskipun teknologi modern telah memainkan peran penting dalam membantu orang menemukan restoran, orang masih mendapatkan rekomendasi dari teman-teman mereka. Dari penelitian ini, saya juga mempelajari persyaratan yang peserta miliki pada layanan rekomendasi restoran dan data yang dikumpulkan dari penelitian tersebut digunakan dalam pembuatan persona.

Foodie adalah aplikasi seluler yang bertujuan untuk memanfaatkan tindakan berbagi preferensi pribadi dengan lingkaran sosial seseorang, yang umumnya terjadi dalam pengaturan offline, ke platform digital. Transformasi ini memungkinkan proses berbagi informasi ini untuk meluas di luar skenario terbatas sehingga pengguna dapat membuat konten dan mengakses informasi kapan dan di mana pun mereka membutuhkannya. Dengan Foodie, pengguna dapat dengan mudah menjelajahi restoran yang disukai oleh teman-teman mereka kapan saja, di mana saja.

Foodie adalah pemenang Penghargaan A' Design Award dalam kategori Aplikasi dan Perangkat Lunak Teknologi Seluler. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, desain ini menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Tianyi Qi
Kredit Gambar: Image #1-5: Tianyi Qi
Anggota Tim Proyek: Tianyi Qi
Nama Proyek: Foodie
Klien Proyek: Tianyi Qi


Foodie IMG #2
Foodie IMG #3
Foodie IMG #4
Foodie IMG #5
Foodie IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang