Armchair Leaf: Desain Unik yang Terinspirasi dari Keindahan Alam

Desain Kursi yang Menakjubkan oleh Edoardo Accordi

Desain kursi yang sederhana namun unik ini terinspirasi dari bentuk-bentuk sinuous alam, terutama daun. Keunikan dan kelebihan desain ini terletak pada keberagaman penggunaannya di berbagai lingkungan, serta kualitas bahan konstruksinya yang membuatnya sangat istimewa.

Armchair Leaf adalah kursi yang menarik dengan gaya sederhana namun efektif. Desainnya terinspirasi oleh bentuk daun yang sinuous dan ringan. Dibuat oleh desainer terkenal, Edoardo Accordi, kursi ini menawarkan pengalaman duduk yang nyaman dan unik.

Salah satu keunikan dari kursi ini adalah pemilihan warna hijau untuk bantalnya. Warna ini sangat populer dan akan menjadi tren dalam beberapa tahun ke depan. Bahan utama yang digunakan dalam produksi kursi ini adalah kayu lapis yang dilipat. Kayu ini merupakan bahan yang fleksibel, sehingga kursi ini dapat dengan nyaman menyesuaikan diri dengan berbagai bentuk tubuh. Di bagian belakang sandaran, terdapat ruang yang berguna untuk meletakkan buku atau majalah yang biasanya dibaca saat duduk di kursi.

Teknologi yang digunakan dalam pembuatan kursi Leaf adalah meliputi kayu lapis yang ditekuk dengan uap untuk bagian utama tubuh kursi, kayu yang diukir untuk sekrup sandaran, serta bantal berkualitas tinggi yang terbuat dari kapas yang dapat dilepas dan dipasang dengan strip velcro.

Ukuran kursi ini adalah lebar 765 mm, kedalaman 954 mm, tinggi 1000 mm, dan tinggi duduk 460 mm. Dimensi paketnya adalah 1100 mm x 800 mm x 1100 mm. Dengan ukuran yang kompak, kursi ini dapat dengan mudah ditempatkan di berbagai ruangan.

Armchair Leaf dapat dengan mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan. Cocok untuk ruangan mewah dan klasik dengan sentuhan desain, namun juga cocok untuk ruangan yang lebih sederhana, muda, atau bahkan bermain-main. Di bagian belakang dekat sandaran, terdapat ruang yang nyaman untuk meletakkan majalah atau buku agar selalu mudah dijangkau saat duduk di kursi ini. Berkat lubang-lubang dan kayu yang fleksibel, kursi ini dapat dengan nyaman menyesuaikan diri dengan berat tubuh pengguna.

Proyek ini dimulai pada bulan Desember 2021 di Padova dan selesai pada bulan Februari 2022 di Padova. Selama proses desain, Edoardo Accordi melakukan penelitian pasar dan gaya yang mendalam dengan melihat berbagai produsen furnitur, desainer, dan produk yang sudah ada. Ia menggunakan berbagai sumber seperti Google, Pinterest, Behance, dan majalah seperti Elle Decor atau Marclaire Maison. Tujuan utamanya adalah menciptakan produk yang berguna, inovatif, dan juga indah. Hasilnya adalah kursi Leaf yang menjadi ikonik, sederhana namun memiliki dampak visual yang tinggi dan sangat berguna.

Kesulitan utama dalam desain ini adalah menciptakan produk yang berguna, sangat indah, dan dengan biaya produksi yang seefisien mungkin menggunakan bahan daur ulang atau ramah lingkungan. Namun, Edoardo Accordi berhasil mengatasi tantangan tersebut dengan menggunakan kayu lapis yang dilipat dan bentuk yang spesifik sehingga kursi ini dapat sedikit melengkung sesuai dengan siapa yang duduk dan berat badan pengguna.

Armchair Leaf adalah desain yang menggabungkan keindahan alam dengan kepraktisan dan kenyamanan. Dengan bentuk yang elegan dan fungsionalitas yang unik, kursi ini akan menjadi pernyataan gaya yang sempurna dalam setiap ruangan.

Desain ini telah memenangkan Penghargaan Perak dalam A' Furniture Design Award 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan menggambarkan keahlian serta inovasi yang luar biasa. Desain ini menunjukkan karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, serta menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Edoardo Accordi
Kredit Gambar: Edoardo Accordi
Anggota Tim Proyek: Edoardo Accordi
Nama Proyek: Leaf
Klien Proyek: Edoardo Accordi


Leaf IMG #2
Leaf IMG #3
Leaf IMG #4
Leaf IMG #5
Leaf IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang