Tetris: Rak Buku DIY yang Unik

Rak Buku dengan Bentuk dan Semantik Tetris

Saat ini, semakin banyak orang yang menyukai produk DIY. Inspirasi kami datang dari bentuk Tetris dan kami merancang rak buku ini dengan bentuk yang terinspirasi dari permainan tersebut. Motivasi di balik desain kami adalah menciptakan rak buku yang bebas bentuk.

Rak buku ini memiliki desain yang unik. Yang paling berbeda adalah bahwa ini adalah rak buku DIY. Rak ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kabinet kecil dan kabinet besar. Kabinet kecil menggunakan semantik Tetris. Pengguna dapat menempatkan blok-blok berbentuk dan berwarna yang berbeda ke dalam kabinet besar untuk membuat rak buku DIY sesuai dengan karakteristik yang diinginkan. Kabinet kecil juga dapat dilepas dan digunakan sebagai kotak penyimpanan kecil.

Rak buku ini terbuat dari paduan aluminium. Aluminium memiliki kekakuan dan kekuatan yang baik, namun juga ringan. Bahan ini memiliki performa pengecoran dan pengolahan plastik yang baik, konduktivitas listrik dan termal yang baik, serta ketahanan korosi dan kemampuan pengelasan yang baik.

Spesifikasi rak buku ini adalah panjang 120,6 cm x lebar 30,4 cm x tinggi 181,6 cm.

Desain ini memungkinkan pengguna untuk merakit rak buku sesuai dengan keinginan mereka. Pertama, saat pengguna mulai merakit, mereka harus melepas semua kotak kecil. Seperti permainan Tetris, pengguna dapat membuat rak buku DIY mereka sendiri dengan mencocokkan blok-blok berbentuk dan berwarna yang berbeda berdasarkan karakteristiknya. Pada saat yang sama, pengguna juga dapat menggunakan kotak kecil sebagai rak penyimpanan yang dapat dilepas.

Proyek ini dimulai pada bulan September 2021 di Milan dan selesai pada bulan Februari 2022 di tempat tersebut. Rak buku ini juga dipamerkan di China pada bulan Februari 2022.

Salah satu pertimbangan umum bagi pengguna dalam membeli rak buku adalah jumlah penyimpanan, kenyamanan penggunaan (mengambil dan meletakkan buku), ruang, keamanan (termasuk formaldehida dan stabilitas), dan harga yang sesuai.

Desain ini merupakan desain inovatif dengan struktur internal yang kompleks, dan tingkat kualifikasi mesin adalah tantangan terbesar yang dihadapi dalam proyek ini.

Terinspirasi oleh bentuk Tetris, desain ini memberikan tampilan yang bebas. Dengan semantik ini, kebebasan adalah fitur utamanya. Ini adalah desain rak buku yang terdiri dari beberapa modul. Rak buku ini dapat menampung kotak-kotak kecil yang berbeda. Pengguna dapat membuat rak buku mereka sendiri dengan berbagai bentuk dan blok berwarna berdasarkan fitur Tetris. Pada saat yang sama, setiap modul kecil juga dapat digunakan secara individu sebagai laci kecil. Pengguna dapat merancang pola sesuai dengan preferensi mereka sendiri.

Kredit Gambar: Bruce Tao / Desainer

Hak Cipta: Bruce Tao, 2022

Penghargaan: Desain ini memenangkan Penghargaan Desain A' Furniture Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang didesain dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Penghargaan ini dihormati karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Bruce Tao
Kredit Gambar: Creator (Bruce Tao / Designer)
Anggota Tim Proyek: Design leader: Zichen Liu Designer: Qianzi Wang
Nama Proyek: Tetris
Klien Proyek: Bruce Tao


Tetris IMG #2
Tetris IMG #3
Tetris IMG #4
Tetris IMG #5
Tetris IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang