Heli X: Sistem Furnitur Modular untuk Solusi Ruang Kecil

Fleksibilitas dan Keindahan dalam Satu Sistem

Saat ini, semakin banyak orang yang ingin tinggal di kota-kota di mana harga sewa meningkat dan pilihan hunian semakin sedikit. Karena itu, tinggal di apartemen kecil atau rumah mungil menjadi praktik umum. Titik awal desain ini adalah pertanyaan: Bagaimana fleksibilitas, kerapihan, dan suasana rumah dapat diberikan di ruang yang begitu sempit? Desain ini terinspirasi oleh pengalaman pribadi saya tinggal di apartemen yang sangat kecil di mana saya harus terus-menerus merombak furnitur untuk menyesuaikan dengan berbagai situasi yang dihadirkan kehidupan.

Sistem furnitur multifungsi ini dikembangkan untuk memberikan berbagai fleksibilitas di ruang yang terbatas. Elemen-elemen dapat ditumpuk untuk membangun rak yang melingkar, sementara juga dapat digunakan sebagai meja rendah di sekitarnya di mana orang dapat berkumpul sambil duduk di lantai. Setiap kubus dapat digunakan sebagai tempat duduk sederhana, dan jika perlu menyimpan sistem Heli'x, mereka dapat ditumpuk dengan persyaratan ruang minimal.

Kerangka semua elemen terbuat dari stainless steel sementara ubin berwarna terbuat dari aluminium anodized. Stainless steel dipotong, digiling, dan kemudian dilas. Untuk mencapai sudut kemiringan yang sama untuk setiap bagian, sebuah bingkai kayu dipersiapkan untuk menjamin posisi yang tepat. Untuk bagian aluminium, tepiannya ditekuk menggunakan mesin lipat dan kemudian di anodized. Seluruh objek ini dibangun oleh saya sendiri.

Setiap elemen memiliki ukuran 360 x 360 x 360mm. Ada 6 elemen besar dengan ukuran lembaran 330mm x 330mm dan 6 elemen kecil dengan ukuran lembaran 310mm x 310mm.

Sistem furnitur ini mudah digunakan dan dibangun kembali. Setiap elemen terdiri dari tiga modul: kerangka dan dua lembaran berwarna yang pas dengan sempurna di bagian atas dan bawah kerangka. Membangun rak: Jika elemen-elemen ditumpuk satu sama lain, mereka dapat dipasangkan dengan satu lembaran aluminium yang mengamankan posisi dan mencegah kubus jatuh. Lembaran tersebut juga berfungsi sebagai ruang penyimpanan di mana buku atau barang dekoratif dapat disimpan. Membangun meja: Bentuk khusus dari kerangka memungkinkan pengguna untuk menciptakan permukaan tertutup dengan hanya meletakkan elemen-elemen di samping satu sama lain. Formasi ini bekerja dengan baik jika sisi kubus yang lebih besar digunakan sebagai meja. Menyimpan: Jika furnitur tidak dibutuhkan untuk sementara waktu, Anda dapat menumpuk elemen-elemen satu sama lain berkat bentuk kerucut mereka. Digunakan sebagai kursi: Cukup gunakan satu elemen dan letakkan lembaran berwarna di atasnya.

Proyek ini dimulai pada November 2021 di Hanau, Jerman, dan selesai pada Januari 2022. Ini adalah pekerjaan komplementer di Staatliche Zeichenakademie Hanau. Ini akan menjadi bagian dari pameran "Arbeit im Prozess" di Deutsche Goldschmiede Haus di Hanau dari April hingga Juni tahun ini.

Selama proses desain, konflik antara tampilan yang ramah dan permintaan fungsional untuk menyediakan sistem penyimpanan menjadi tugas tersulit. Karena banyak cetakan fungsional terlihat dingin dan sedikit mengancam karena tepi yang tajam dan bentuk yang jelas. Jadi, harus ditemukan kompromi.

Sistem furnitur Heli X ini dikembangkan untuk memberikan berbagai fleksibilitas di ruang yang terbatas. Berkat bentuk khususnya, modul-modul ini dapat digunakan sebagai elemen furnitur yang berbeda. Ditumpuk satu sama lain, mereka membentuk rak yang melingkar seperti heliks. Selain itu, elemen-elemen ini dapat digunakan sebagai meja rendah yang mengundang untuk berkumpul sambil duduk di lantai. Setiap kubus tunggal dapat digunakan sebagai tempat duduk sederhana, dan jika perlu menyimpan sistem Heli X, mereka dapat ditumpuk dengan persyaratan ruang minimal.

Desain ini memenangkan Silver A' Furniture Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan luar biasa profesional yang menggambarkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Helen Louisa Sauter
Kredit Gambar: Image #No 1: Hendrik Nix (potographer) Helen Sauter (editing) Image #No 2: Hendrik Nix (potographer) Helen Sauter (editing) Image #No 3: Hendrik Nix (potographer) Helen Sauter (editing) Image #No 4: Hendrik Nix (potographer) Helen Sauter (editing) Image #No 5: Hendrik Nix (potographer) Helen Sauter (editing)
Anggota Tim Proyek: Helen Louisa Sauter
Nama Proyek: Heli X
Klien Proyek: Helen Louisa Sauter


Heli X IMG #2
Heli X IMG #3
Heli X IMG #4
Heli X IMG #5
Heli X IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang