Crescent: Desain Interior Minimalis yang Lyrical

Sebuah Karya Seni oleh Hsin-Ting Weng

Musik adalah bentuk seni. Jika suara bisa dirasakan, seperti apa bentuknya? Bayangkan gelombang akustik naik, berputar, dan kemudian turun di ruang, membentuk jejak melengkung yang halus. Proyek ini bertujuan untuk menciptakan gaya hidup yang lyrical dalam bentuk minimalis yang penuh dengan keanggunan yang berkelas.

Apartemen ini dimiliki oleh seseorang yang sangat menyukai musik. Sebagai respons terhadap kebutuhan pemilik apartemen akan fungsi audio-visual, sebagian besar peralatan akustik tertanam di bawah lengkungan langit-langit yang diterangi, membentuk bulan sabit tergantung di inti ruang hidup. Lengkungan ini meluncur di ruang terbuka dan secara holistik melengkapi dengan garis lurus yang bersih. Meskipun bentuk minimalis mendominasi semua area, lampu gantung merah di atas meja makan menciptakan kontras artistik, dengan bermain-main menampilkan tumpukan cahaya dan bayangan.

Cat mineral tidak hanya terlihat dari langit-langit hingga lantai, tetapi juga terus dilukis di dinding dan pintu, berkembang menjadi kontinuitas penyimpanan fungsional. Sifat cat mineral menciptakan suasana yang sederhana dan bersahaja, menggambarkan nuansa dan nada dasar dari sonata Moonlight karya Beethoven.

Spesifikasi teknis dari desain ini adalah luas konstruksi 115 meter persegi.

Desain interior ini penuh dengan nuansa warna rendah jenuh, menciptakan suasana tenang dan damai sambil menyediakan ruang penyimpanan yang cukup. Panel marmer yang meluas dari dinding TV memastikan penempatan perangkat audio. Kecuali lantai ubin sebagian di pintu masuk untuk tujuan penangkapan debu, desain interior ini dipenuhi dengan nada warna yang rendah, menyirami dengan ketenangan dan kesederhanaan sekaligus.

Proyek ini selesai pada November 2021, di Kota New Taipei, Taiwan. Desain ini memadukan lengkungan dengan desain pencahayaan, tidak hanya melingkupi area hidup, tetapi juga memberikan sentuhan hangat yang bercahaya bagi keluarga. Ini memberikan kondisi suasana yang lebih baik untuk mendengarkan musik atau menonton film.

Instalasi perangkat audio-visual ini rumit dan teknis. Bagaimana mengumpulkan semua kabel dan menyembunyikannya dalam bentuk bulan sabit yang ramping pada saat yang sama, adalah tugas yang sulit.

Imajinasikan gelombang akustik naik, berputar, dan kemudian turun di ruang, membentuk jejak melengkung yang halus. Pemilik apartemen sangat menyukai musik. Sebagai respons terhadap kebutuhannya akan perangkat audio-visual, sebagian besar peralatan akustik tertanam di bawah lengkungan langit-langit yang diterangi, menciptakan suasana yang lyrical. Lengkungan ini meluncur di ruang dan secara holistik melengkapi dengan garis lurus yang bersih. Sementara bentuk minimalis dan bentuk organik mendominasi ruang, menyirami dengan ketenangan, lampu gantung merah di atas meja makan menciptakan kontras artistik, dengan bermain-main menampilkan tumpukan cahaya dan bayangan.

Kredit Gambar: Hey!cheese Photography

Penghargaan: Desain ini meraih Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, desain ini menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Hsin Ting Weng
Kredit Gambar: Hey!cheese Photography
Anggota Tim Proyek: HSIN TING WENG
Nama Proyek: Crescent
Klien Proyek: Hsin Ting Weng


Crescent IMG #2
Crescent IMG #3
Crescent IMG #4
Crescent IMG #5
Crescent IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang