Eksklusif: Desain Villa Pedesaan yang Ramah Lingkungan oleh Alexandru Zingaliuc

Villa Eth: Menggabungkan Keindahan Alam dengan Keberlanjutan

Desain Villa yang Menakjubkan oleh Alexandru Zingaliuc

Villa Eth adalah konsep villa keluarga tunggal yang menempatkan integrasi dengan lingkungan sebagai fokus utama, dengan mengikuti prinsip-prinsip keberlanjutan dan ekologi. Desainer terkenal Alexandru Zingaliuc menciptakan desain ini dengan tujuan untuk menciptakan rumah yang harmonis dengan alam sekitarnya.

Desain villa ini terinspirasi oleh metode tradisional kuno membangun dinding dari tanah yang dipadatkan. Metode kuno ini telah dihidupkan kembali dalam arsitektur modern sebagai metode bangunan yang ramah lingkungan dengan dampak lingkungan minimal.

Villa Eth memiliki konfigurasi yang sempurna yang menyatu dengan lanskap sekitarnya, tanpa bersaing dengan alam. Bahan-bahan alami yang digunakan dalam pembangunan villa ini juga harmonis dengan lingkungan sekitarnya, menciptakan kesatuan dengan alam.

Bahan utama yang digunakan dalam konsep villa ini adalah tanah yang dipadatkan, dipilih karena karakteristiknya sebagai bahan penahan beban dan estetika yang menarik. Bahan ini memiliki banyak keunggulan, seperti energi yang rendah dan kebutuhan energi yang lebih sedikit, sifat hidroskopisnya yang membantu mengatur kelembaban di dalam bangunan, serta berfungsi sebagai isolator yang baik untuk menjaga suhu interior tetap hangat di musim dingin. Selain itu, bahan ini juga ramah lingkungan dan membantu menghindari pemborosan material. Bahan-bahan lain yang dipilih, seperti kayu, logam, dan kaca, berperan dalam melengkapi tampilan dinding tanah yang merah tanpa bersaing dengannya.

Villa Eth memiliki luas tanah 2500 m2 dengan luas bangunan 380 m2. Villa ini memiliki 3 kamar tidur, 4 kamar mandi, ruang tamu terbuka yang terhubung dengan ruang makan dan dapur, serta kolam renang outdoor.

Dari segi fungsional, villa ini terbagi menjadi dua area yang dapat diakses secara terpisah melalui aula utama, dan saling terhubung melalui galeri. Area pertama berisi kamar tidur utama yang dapat berfungsi secara independen dari bagian lain rumah, dengan akses terpisah, lemari pakaian, dan kamar mandi. Area lainnya memiliki konfigurasi terbuka dan berisi dapur dan ruang tamu yang saling terhubung, serta dua kamar tidur terpisah, satu untuk tamu dan satu untuk anak-anak.

Desain villa ini direncanakan untuk dibangun di desa Vadul lui Voda, dekat Chisinau, Moldova. Proses penelitian dimulai dengan analisis mendetail terhadap lokasi villa di masa depan. Karakteristik spasial, bentuk, kemiringan, posisi terhadap mata angin, akses jalan, dan komponen alami seperti sungai, memainkan peran penting dalam pemilihan bentuk rumah yang akan datang. Keberlanjutan dan ekologi juga menjadi faktor penting dalam pemilihan bahan bangunan utama, yaitu tanah yang dipadatkan, karena kualitas fungsional dan estetikanya.

Desain villa Eth menghadapi beberapa tantangan kreatif dan teknis, seperti menciptakan rumah yang terintegrasi dengan lahan yang ada dan mempertimbangkan kekuatan dan batasan lahan tersebut. Ukuran dan proporsi lahan, serta kemiringannya, menjadi faktor pertimbangan utama. Bentuk lahan yang memanjang dan sempit mengarah pada kebutuhan untuk mengembangkan proyek secara longitudinal dan konfigurasi fungsi yang sejajar. Faktor penting lainnya adalah akses langsung dan terbukanya sisi utama lahan ke jalan yang sangat ramai, yang mengarah pada penutupan ke jalan dengan fasad yang sepenuhnya tidak tembus cahaya.

Villa Eth adalah perpaduan sempurna antara keindahan alam dan keberlanjutan. Desainnya yang unik dan ramah lingkungan membuatnya menjadi pemenang medali perunggu dalam A' Design Award 2022 dalam kategori Arsitektur, Bangunan, dan Desain Struktur. Desain ini diakui karena kecerdasannya dalam menggabungkan seni, sains, desain, dan teknologi, serta kontribusinya dalam meningkatkan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Sumber Gambar: Archizeit Studio, Renders and Layouts, 2021.

Hak Cipta: Archizeit Studio.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Alexandru Zingaliuc
Kredit Gambar: All images: Archizeit Studio, Renders and Layouts, 2021.
Anggota Tim Proyek: Lead Architect: Alexandru Zingaliuc Assistant Architect: Mariana Popescu 3D Visualization: Mihai Cebotari
Nama Proyek: Eth
Klien Proyek: Alexandru Zingaliuc


Eth IMG #2
Eth IMG #3
Eth IMG #4
Eth IMG #5
Eth IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang