Purnu: Wadah Kaca yang Menggabungkan Estetika Utara dan Warna Ceria

Desain Unik Sini Majuri yang Terinspirasi oleh Marshmallow dan Budaya Pop

Desainer Sini Majuri menciptakan koleksi Purnu dengan inspirasi dari marshmallow dan budaya pop. Menggabungkan estetika utara dengan warna-warna ceria dan bentuk yang disederhanakan, Majuri berhasil menciptakan wadah kaca yang bermain-main dengan medium kaca secara puitis.

Purnu adalah koleksi yang dibuat di studio dan dibentuk dengan teknik tiupan mulut pada kaca. Wadah ini cocok untuk makanan, namun juga indah tanpa isi sama sekali. Setiap objek memiliki "napas" mereka sendiri, sebuah metafora untuk jiwa dari sebuah karya yang menjadikannya lebih dari sekedar objek interior biasa.

Desain ini dihasilkan dengan teknologi tiupan mulut pada kaca di studio. Spesifikasi teknis dari Purnu mencakup tinggi wadah sebesar 20 cm. Kata kunci dari desain ini meliputi kaca, wadah, dan studioglass.

Purnu dirancang untuk menciptakan momen harmonis dalam kehidupan sehari-hari. Saat wadah tinggi ini dibuka, dibutuhkan waktu dan ketenangan untuk menempatkan item, seperti bunga atau makanan di dalamnya untuk diawetkan. Momen-momen ketenangan ini jarang dan berharga di dunia yang sibuk.

Proyek ini dimulai pada musim semi 2022 di Helsinki, Finlandia. Penelitian yang mendasari desain ini berfokus pada ide utama dari objek, yaitu mengawetkan. Mengawetkan kerajinan, medium, dan fungsi pengawetan. Titik awal dari proses desain adalah menggunakan kaca buatan studio sebagai medium desain, karena tradisi pembuatan kaca yang terancam punah sedang diajukan ke Warisan Dunia Unesco.

Tantangan dalam proses ini adalah menemukan aliran warna yang sempurna, sehingga penampilannya tetap segar. Bentuk yang disederhanakan dapat menjadi multi-dimensi dalam medium kaca. Ada lapisan visual kaca, bagaimana kaca memantulkan, bagaimana warna-warna akan terlihat dalam cahaya yang berbeda. Di atas semua itu, ada juga lapisan sejarah kaca, asal muasal pembuatan kaca Finlandia, dan pengetahuan langka di balik kerajinan ini.

Wadah Purnu buatan studio ini dibentuk dengan tangan di Finlandia. Filosofi desain dari wadah tiupan mulut ini adalah untuk mencerminkan estetika utara yang tenang dengan warna-warna segar dan cerah. Setiap wadah Purnu ditandatangani dan diberi nomor dengan tangan. Filosofi desain koleksi ini adalah untuk menyoroti detail-detail kecil dalam hidup yang berarti.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Bronze dalam A' Furniture Design Award pada tahun 2022. Penghargaan Bronze A' Design Award diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menunjukkan pengalaman dan kreativitas. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Sini Majuri
Kredit Gambar: Sini Majuri Helsinki Finland
Anggota Tim Proyek: Sini Majuri
Nama Proyek: Purnu
Klien Proyek: Sini Majuri


Purnu IMG #2
Purnu IMG #3
Purnu IMG #4
Purnu IMG #5
Purnu IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang