Vitra Tower: Menyatukan Serius dan Menyenangkan dalam Bangunan Kantor Medis

Desain yang Membawa Keunikan pada Bangunan Kantor Medis

Pendahuluan

Vitra Tower adalah gedung kantor medis yang terletak di sudut kota Santo Angelo, di pedalaman negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil. Dengan total 22 ruang kantor pribadi, gedung ini mencari arsitektur yang menyampaikan keseriusan, memberikan legitimasi pada layanan yang ditawarkan di dalamnya, tetapi juga nyaman dan menyenangkan bagi pengguna.

Desainer Alberto Torres mencari inspirasi dari bangunan komersial konvensional, dengan mempelajari cara untuk mengubah persepsi elemen konvensional, serta bangunan yang telah berhasil dalam tantangan serupa. Hasilnya adalah desain arsitektur Vitra Tower yang menggabungkan elemen baru pada kulit kaca khas bangunan komersial: sebuah jaring beton besar yang hampir mengisi seluruh fasad proyek, dengan jarak yang berbeda-beda untuk memberikan dinamisme pada bangunan.

Isi

Desain arsitektur Vitra Tower didasarkan pada prinsip untuk menciptakan bangunan yang serius, mengingat program kantor medis, tetapi juga menyenangkan untuk bekerja. Untuk mencapai hal ini, digunakan sistem struktural beton bertulang, dinding bata sebagai penyekat, kulit kaca, dan lapisan eksterior menggunakan ubin. Selain itu, elemen beton juga digunakan untuk jaring fasad, sementara kayu digunakan pada beberapa titik tertentu.

Desain ini terdiri dari sebelas lantai, dengan tujuh lantai standar yang memiliki tiga ruangan setiap lantainya: dua ruangan kecil menghadap ke depan dengan total luas 35,00 m² setiap ruangan. Di bagian belakang, terdapat ruangan yang lebih besar dengan luas pribadi 65,00 m². Dua lantai terakhir terdiri dari klinik duplex dengan teras yang mengisi seluruh lantai, dengan total luas pribadi 310,00 m². Lantai dasar, lantai dasar, dan lantai kedua digunakan untuk garasi pribadi dan infrastruktur, serta akses dan ruang sirkulasi sendiri.

Kesimpulan

Proyek Vitra Tower menonjol karena mencari solusi yang berbeda untuk bangunan yang ditujukan untuk penggunaan komersial, dengan membawa bahasa yang menyampaikan keseriusan, tetapi juga menyenangkan dan kontemporer. Dengan memadukan elemen-elemen unik dan kekuatan desainnya, Vitra Tower menjadi contoh bangunan kantor medis yang menggabungkan serius dan menyenangkan dalam satu kesatuan yang harmonis.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Torres Arquitetos
Kredit Gambar: WDstudio
Anggota Tim Proyek: Architecture: Torres Arquitetos Associados Constructor: Daniel Ongaratto
Nama Proyek: Vitra Tower
Klien Proyek: Torres Arquitetos


Vitra Tower IMG #2
Vitra Tower IMG #3
Vitra Tower IMG #4
Vitra Tower IMG #5
Vitra Tower IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang