Nightside: Lampu Meja Inovatif yang Mengubah Paradigma Pencahayaan Malam

Desain Jess Gupta yang Terinspirasi dari Spotlights Teater

Terinspirasi oleh kebiasaan membaca sebelum tidur, Jess Gupta menciptakan lampu meja yang memungkinkan pengguna membaca tanpa mengganggu orang lain di malam hari. Nightside, lampu ini, bukan hanya lampu biasa, tetapi juga sebuah inovasi dalam pencahayaan malam.

Jess Gupta, seorang desainer yang mencintai membaca sebelum tidur, merasa perlu adanya lampu meja yang memungkinkan dia membaca tanpa mengganggu pasangannya yang sedang tidur. Setelah mencoba berbagai jenis lampu baca dan lampu kepala, dia menyadari bahwa dia membutuhkan lampu yang dapat mempertahankan posisinya dan tidak memerlukan penyesuaian terus-menerus. Terinspirasi oleh spotlights teater dan cahayanya yang terang namun merata, Jess beralih ke optik untuk mereplikasi efek ini.

Hasilnya adalah lampu yang membalikkan paradigma lampu tidur tradisional: bukan membanjiri area sekitar dengan cahaya terang yang cepat meredup, lampu Nightside menerangi area sekitar dengan cahaya rendah namun dengan opsi mengarahkan sorotan cahaya terang ke mana pun yang dibutuhkan. Hasilnya adalah lampu yang jauh lebih hemat energi dan sempurna bagi mereka yang menginginkan lingkungan yang lebih santai dan menenangkan di malam hari.

Nightside adalah lampu bercahaya rendah yang dirancang bagi mereka yang ingin menciptakan suasana hangat dan santai di malam hari. Ketika tertutup, lampu Nightside menghasilkan cahaya hangat yang menerangi area sekitar. Tetapi ketika cahaya lebih dibutuhkan, tekanan pada bagian atas mengungkapkan fitur sorotan yang dapat digunakan untuk aktivitas tidur seperti membaca dan menulis, semua tanpa mengganggu orang lain di ruangan. Fitur sorotan ini menggunakan sistem proyeksi optik yang dipatenkan untuk menghasilkan sorotan yang terang namun merata yang dapat diarahkan ke mana saja, hingga sembilan puluh derajat. Karena hanya menggunakan satu LED, lampu ini sangat hemat energi dan berjalan pada satu watt daya.

Desain Nightside dimulai dengan penelitian tentang optik dan bagaimana menciptakan efek sorotan yang diinginkan dalam dimensi yang umum diterima untuk produk lampu meja konsumen. Penelitian optik melibatkan pengujian sering menggunakan bangku optik dan berbagai bentuk lensa dan panjang fokus. Berbagai konfigurasi LED juga diuji untuk menghasilkan kualitas cahaya terbaik dalam hal intensitas, suhu warna, dan indeks rendering warna.

Tantangan terbesar dalam mengembangkan lampu Nightside adalah kompleksitas sistem proyeksi optik dalam lampu. Sistem ini membutuhkan penjajaran presisi beberapa komponen untuk menghasilkan sorotan yang terfokus dan terang yang menjadi fitur utama produk. Produk ini juga mengandalkan tiga bagian bergerak yang berbeda untuk operasinya, sehingga merancang untuk kinerja yang konsisten sangat penting.

Desain ini telah memenangkan Iron di A' Lighting Products and Fixtures Design Award pada tahun 2023. Iron A' Design Award diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan pemenuhan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Patennya telah didaftarkan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Eropa, dan China. Nightside adalah bukti bahwa inovasi dapat mengubah paradigma dan memberikan pengalaman baru dalam kehidupan sehari-hari.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Jess Gupta
Kredit Gambar: Jess Gupta
Anggota Tim Proyek: Jess Gupta
Nama Proyek: Nightside
Klien Proyek: Jess Gupta


Nightside IMG #2
Nightside IMG #3
Nightside IMG #4
Nightside IMG #5
Nightside IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang