Liyue: Kursi Bergaya Bauhaus dengan Sentuhan Budaya Tiongkok

Menghidupkan Kembali Kehidupan Baru pada Furnitur Tiongkok

Kursi Liyue adalah sebuah karya seni yang menggabungkan gaya Bauhaus dengan elemen budaya Tiongkok. Dengan menggunakan nuansa utama dari budaya Tiongkok kuno "LIYUE" dan gaya modern yang sederhana, kursi ini memberikan kehidupan baru pada furnitur Tiongkok.

Kursi Liyue memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dari desain lainnya. Latar belakang pembentukan "LIYUE" Tiongkok didasarkan pada harmoni antara langit dan bumi, semangat "musik", dan tatanan alam langit dan bumi. Semua hal dapat diwujudkan melalui semangat "harmoni" (semangat musik), sehingga kursi ini menggabungkan budaya Tiongkok dan Barat dengan menangkap keindahan aturan dan irama dalam "budaya etiket dan musik". Hal ini dilakukan untuk menciptakan kursi yang menggabungkan budaya Tiongkok dan Barat, serta melanjutkan budaya etiket dan musik yang berkembang seiring peradaban manusia dalam bentuk yang inovatif.

Kursi Liyue menggunakan bahan produksi yang lebih modern, yang tidak hanya mempertahankan struktur tempat duduk kayu tradisional, tetapi juga memudahkan integrasi produk ke dalam dekorasi interior modern tanpa terlihat terlalu mencolok. Jarak dari permukaan kursi ke tanah dan tinggi keseluruhan membentuk rasio 9:37. Pada saat yang sama, jarak dari garis standar imajiner di pinggang ke tanah dan tinggi keseluruhan membentuk rasio emas yang mendekati 5:8.

Kursi Liyue direalisasikan dengan menggunakan teknologi yang canggih. Bahan plastik polipropilena ramah lingkungan diolah dengan pusat mesin CNC, yang dapat mencapai tingkat daur ulang 99,9%. Beberapa bahan yang digunakan adalah bahan PA DuPont Amerika, yang tidak beracun, tidak berbau, 100% dapat didaur ulang, dan sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan. Kursi ini mencapai minimalisme dengan menyederhanakan bagian-bagian dan komponen-komponen, serta memaksimalkan kemudahan penggunaan produk untuk mencapai hasil yang indah dan tahan lama.

Kursi Liyue memiliki dimensi produk sebesar 550 mm x 450 mm x 750 mm. Proyek ini diluncurkan di Nanchang, Tiongkok pada Desember 2021 dan selesai pada Februari 2022.

Kursi Liyue didesain dengan mempertimbangkan kenyamanan pengguna. Punggung kursi yang berbentuk lengkung yang kokoh dan akurat menjaga tubuh agar tetap berada pada kurva yang tepat, sehingga pengguna dapat mendapatkan dukungan yang efektif saat berbaring. Bentuk melingkar yang dimiliki kursi ini memaksimalkan ruang rebahan pengguna, memungkinkan kursi ini cocok untuk orang dengan berbagai tipe tubuh, dan memastikan bahwa setiap pengguna dapat mendapatkan perawatan terbaik.

Kursi Liyue merupakan karya seni yang menggabungkan budaya Tiongkok dan Barat dengan indah. Dengan menggabungkan elemen budaya etiket dan musik, kursi ini menghidupkan kembali budaya yang luar biasa yang telah berkembang seiring peradaban manusia dalam bentuk yang inovatif.

Kursi Liyue adalah pemenang Penghargaan Desain A' yang prestisius. Dengan memperoleh Penghargaan Perak dalam kategori Desain Furnitur, kursi ini diakui karena keunggulannya dalam keahlian dan inovasi. Desain ini menunjukkan karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, serta menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Haonan Zhang
Kredit Gambar: Designer: Haonan Zhang, water delivery equipment, 2022
Anggota Tim Proyek: Haonan Zhang Bo Xu
Nama Proyek: Liyue
Klien Proyek: Haonan Zhang


Liyue IMG #2
Liyue IMG #3
Liyue IMG #4
Liyue IMG #5
Liyue IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang