Daylight Reflection: Transformasi Ruang Hidup dengan Gaya Skandinavia oleh Sheng-Fu Yang

Merangkum Keunikan Desain Residensial yang Menggabungkan Estetika Skandinavia dan Pencahayaan Alami

Daylight Reflection, sebuah proyek residensial yang dirancang oleh Sheng-Fu Yang, menampilkan keunikan desain Skandinavia dengan pencahayaan alami yang sempurna. Proyek ini berhasil mengubah ruang hidup menjadi sebuah karya seni yang menawan dan fungsional.

Proyek ini mengambil inspirasi dari tema Skandinavia, dengan warna utama putih terang yang dipadukan dengan transformasi berbagai material untuk memberikan kesan cerah dan hidup pada seluruh ruang. Tim desain juga memperhatikan proporsi warna, menghiasi interior modern dengan elemen berwarna-warni. Kelebihan lantai tinggi dan jendela besar dimanfaatkan dengan baik untuk mengatasi kekurangan pencahayaan, sehingga seluruh ruangan mendapatkan pencahayaan alami yang sempurna.

Yang unik dari proyek ini adalah penggunaan elemen kayu hitam abu-abu yang diatur pada langit-langit dan diperpanjang hingga ke balok. Balok dengan elemen kayu ini diterangi oleh strip LED di kedua sisi, yang tidak hanya membagi tinggi balok tetapi juga berfungsi sebagai petunjuk visual dan panduan rute. Dinding biru dan marmer di ruang tamu dibandingkan dengan besi hijau dan kaca di ruang belajar, yang dipisahkan oleh balok, menonjolkan gaya Skandinavia yang ceria.

Partisi ruang belajar dibuat dari kaca untuk menjaga transparansi visual dan pencahayaan. Privasi partisi kaca dapat dipertahankan dengan tirai atau jenis kaca yang berbeda. Dengan cara ini, ada satu ruangan tambahan dalam perencanaan, tetapi ruang tidak terasa lebih kecil. Spesifikasi teknis proyek ini mencakup rumah baru di lantai 12, dengan luas 85,95 meter persegi, 3 plus 1 kamar, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, dan 1 ruang makan. Tanpa mengubah tata letak, tim desain menambahkan ruang belajar dan jendela bay, memaksimalkan keuntungan lantai tinggi dan menambah sentuhan romantis ke kehidupan yang nyaman.

Proyek ini dimulai pada Januari 2021 dan selesai pada Agustus 2021 di Zhonghe Dist., New Taipei City, Taiwan. Dalam penelitian desain ini, ruang dirancang dengan gaya Skandinavia, dan suasana cerah dan berwarna dari ruang diperluas. Area publik dari basis asli memiliki pola non-persegi, dan balok melintasi seluruh ruang, membuat ruang terbagi. Setelah tim desain merencanakan rute dengan hati-hati, seluruh ruang memiliki rasa fluiditas. Tim desain mengambil balok sebagai titik untuk mendefinisikan situs. Material yang digunakan dan pencahayaan suasana membuat balok menjadi bagian dari desain, dan balok dapat dilihat sebagai batas antara area publik dan pribadi.

Setiap jendela memiliki pemandangan yang indah, melambangkan keinginan untuk kehidupan yang tenang dan indah. Dalam proyek ini, setiap kamar memiliki setidaknya satu jendela, memungkinkan cahaya alami jatuh pada desain pencocokan warna biru atau hijau dan menunjukkan tekstur unik. Veneer kayu berwarna terang digunakan untuk memperbesar volume ruang dan memodifikasi kejutan balok. Koridor dibuat dari kaca transparan untuk mengisi ruangan dengan cahaya alami.

Daylight Reflection berhasil meraih penghargaan Iron dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan pemenuhan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Sheng-Fu Yang
Kredit Gambar: Suitable Interior Decoration Design
Anggota Tim Proyek: Sheng-Fu Yang
Nama Proyek: Daylight Reflection
Klien Proyek: Sheng-Fu Yang


Daylight Reflection IMG #2
Daylight Reflection IMG #3
Daylight Reflection IMG #4
Daylight Reflection IMG #5
Daylight Reflection IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang