Jiang Hu: Desain Inovatif untuk Kemasan Minuman Alkohol

Menghadirkan Citra Baru Huang Jiu

Minuman Huang Jiu adalah kekhasan tradisional Tiongkok yang ditemukan di China sekitar 7 ribu tahun yang lalu. Namun, di pasar saat ini, produk Huang Jiu masih menggunakan desain kemasan yang sama dan tidak pernah menonjolkan karakteristik khas Huang Jiu tradisional. Desain Jiang Hu berhasil melampaui pola pikir konvensional, menampilkan citra baru dari Huang Jiu tradisional Tiongkok. Desain ini mengambil "token" sebagai petunjuk desain, menggambarkan perjalanan hidup seorang pendekar pedang di Tiongkok kuno.

Desain Jiang Hu memiliki keunikan dan kepraktisan yang memuaskan berbagai konsumen: tutup botolnya cukup berat untuk digunakan sebagai penjepit kertas; juga dapat digunakan sebagai gelas jika dibalik. Selain itu, ini adalah produk baru dengan kapasitas kecil yang sesuai dengan kapasitas minuman keras pada umumnya.

Desain Jiang Hu direalisasikan dengan menggunakan bahan busa langsung pada kemasan kotak luar daripada kertas. Ini dapat berfungsi sebagai kotak luar produk dan kemasan anti-guncangan saat pengiriman melalui jasa pengiriman.

Desain Jiang Hu memiliki spesifikasi 180mm x 90mm x 50mm. Desain ini diwujudkan oleh Mr. Li Wei dan timnya.

Desain Jiang Hu mengubah pandangan orang terhadap Huang Jiu yang sering dianggap sebagai produk kuno. Jiang Hu memberikan definisi ulang pada warisan Tiongkok yang berharga ini dan mencoba menunjukkan sisi yang lebih modis melalui nilai budayanya. Ini adalah ide baru yang segar di pasar.

Proyek ini dimulai pada Agustus 2019 di Shenzhen, China, dan selesai pada Mei 2020 di Shenzhen, China.

Desain Jiang Hu didasarkan pada penelitian yang mendalam. Nama produk ini, "Jiang Hu", menggambarkan dunia para elit, mewakili dunia yang penuh dengan pahlawan, masyarakat yang adil yang saling mengajarkan keterampilan, dan menjaga kode etik yang ketat. "Token" adalah plat logam yang melambangkan kekuatan dan keberanian, juga digunakan untuk memberi otorisasi pada operasi militer di Tiongkok kuno. Oleh karena itu, "token" digunakan sebagai simbol untuk mengekspresikan "kekuatan" dari "jianghu", menggambarkan proses awal kedewasaan seorang pendekar pedang Tiongkok melalui petualangan dan kesulitan.

Desain Jiang Hu menghadapi tantangan kreatif dan teknis dalam menciptakan produk yang ramah lingkungan. Penggunaan langsung bahan busa pada kemasan kotak luar menggantikan penggunaan kertas. Ini tidak hanya berfungsi sebagai kotak luar produk, tetapi juga sebagai kemasan anti-guncangan saat pengiriman.

Desain Jiang Hu mengadopsi desain bionik dan menggunakan "token" sebagai simbol untuk menampilkan kesatria dan kegagahan. Ilustrasi pada pita di sekitar botol menggambarkan perjalanan seorang pendekar pedang dari seorang pemula hingga menjadi seorang pendekar pedang yang matang. Tutup botol dirancang sebagai kepala harimau untuk meningkatkan semangat kesatria.

Desain Jiang Hu telah meraih penghargaan Iron di A' Packaging Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada karya-karya yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Desain ini dihormati karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Li Wei for Reform
Kredit Gambar: Li Wei for Reform
Anggota Tim Proyek: Mr. Li Wei
Nama Proyek: Jiang Hu
Klien Proyek: Li Wei for Reform


Jiang Hu IMG #2
Jiang Hu IMG #3
Jiang Hu IMG #4
Jiang Hu IMG #5
Jiang Hu IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang