Shang Long: Inovasi Baru dalam Desain Rumah Duka

Sebuah Konsep yang Membawa Ketenangan dan Kenyamanan

Sebuah rumah duka yang menawarkan upacara perpisahan hidup dibangun dengan konsep yang benar-benar baru. Dengan cahaya hangat dan warna yang tenang, ruang ini dipenuhi dengan atmosfer yang tenang. Ruang jalan yang luas tidak membuat tubuh dan pikiran merasa tertekan di dalam lingkungan yang tertutup. Berbeda dengan rumah duka tradisional, suasana yang suram memberikan definisi baru pada ruang ini. Ini bukan hanya tempat istirahat bagi orang-orang selama perjalanan hidup mereka, tetapi juga ruang yang tenang dan nyaman bagi keluarga dan teman-teman.

Rumah Duka Shang Long adalah ruang kontemporer dan sederhana. Lingkaran di belakang meja penerimaan melambangkan kebulatan hidup dan keabadian. Dalam sebuah lingkaran, awal bertemu akhir, yang menandakan kelengkapan dan keseluruhan. Lobi depan menampilkan warna yang damai dan menenangkan serta marmer. Putih alami dan murni, abu-abu elegan dan tenang, serta biru menenangkan dan damai mencerminkan citra merek yang sederhana dan murni. Tanpa bahan dekoratif yang rumit, desain yang sederhana dan bersih mengurangi rasa tertekan yang ditimbulkan oleh rumah duka tradisional dan menciptakan ruang yang hangat dan damai.

Teknologi yang digunakan dalam realisasi desain ini meliputi pelapis veneer baja yang disikat, kabinet sistem, ubin marmer, penutup dinding, cat, lapisan kue, lantai super tahan aus, batu jamur, batu aliran air, logam berlapis titanium, dan lembaran plastik keras laminasi.

Dalam ruang seluas 400 meter persegi, terdapat satu area penerimaan, satu area istirahat, satu ruang pribadi, dua area ibadah, tiga Aula Buddha, dan satu kamar mandi.

Desain Rumah Duka Shang Long menawarkan ruang memorial yang luas dan nyaman yang memungkinkan anggota keluarga dan teman-teman berkumpul untuk mengenang orang yang mereka cintai dengan privasi. Lemari kayu dalam nuansa yang berbeda menciptakan rasa keteraturan dan urutan. Palet warna yang konsisten mengungkapkan ketenangan yang melampaui batas. Rumah Duka Shang Long menawarkan layanan memorial yang hangat dan penuh kasih sehingga orang dapat mengenang orang yang mereka cintai melalui layar elektronik daripada foto.

Masuk ke Aula Buddha, patung Buddha yang sakral dan solennya terlihat. Ketulusan mengisi hati setiap orang dengan lembut. Di atas meja persembahan, garis kontemporer memberikan suasana yang rapi dan teratur pada ruang tersebut, sementara perpaduan bahan yang berbeda di dinding belakang dan lingkaran besar di atas kanopi melunakkan struktur linear yang kaku. Di bawah difusi partikel cahaya, diciptakan lingkungan yang sakral dan megah untuk upacara penyembahan Buddha.

Pintu masuk utama terinspirasi oleh skema warna putih untuk menyelaraskan harmoni antara interior dan eksterior. Garis-garis sederhana dan bahan dinding dengan tekstur yang berbeda saling melengkapi, menciptakan pintu masuk minimalis. Tanaman hijau membawa alam hijau dan hidup ke dalam ruang yang tanpa kehidupan dan suram. Rumah Duka Shang Long adalah tempat di mana orang mengenang orang yang mereka cintai dengan penuh kasih sayang.

Proyek ini selesai pada bulan Desember 2021 di Kota Taipei, Taiwan. Desain ini memperoleh Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award kategori Interior Space, Retail, dan Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, desain ini menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.

Rumah Duka Shang Long adalah inovasi baru dalam desain rumah duka. Dengan konsep yang menghadirkan ketenangan dan kenyamanan, ruang ini memberikan pengalaman yang berbeda dalam mengenang orang yang telah pergi. Dengan desain yang sederhana dan kontemporer, serta penggunaan warna yang tenang, Shang Long Funeral Home menciptakan lingkungan yang hangat dan damai bagi keluarga dan teman-teman yang berkumpul. Dengan sentuhan spiritual dan keindahan yang terpancar dari setiap sudutnya, rumah duka ini memberikan penghormatan yang layak bagi mereka yang telah pergi.

Sumber Gambar: ASD Interior Design CO.,LTD


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: DON WANG
Kredit Gambar: ASD Interior Design CO.,LTD
Anggota Tim Proyek: Don Wang, Ray Zheng
Nama Proyek: Shang Long
Klien Proyek: DON WANG


Shang Long IMG #2
Shang Long IMG #3
Shang Long IMG #4
Shang Long IMG #5
Shang Long IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang