Jundao Guiniang: Mengangkat Budaya Tiongkok Melalui Desain Kemasan Baijiu

Merangkum Karya Liang Chen dalam Menghadirkan Seni dan Budaya Tiongkok dalam Kemasan Baijiu

Desain kemasan bukan hanya sekedar wadah, tetapi juga dapat menjadi media untuk menyampaikan pesan, nilai, dan budaya. Salah satu contoh terbaiknya adalah karya Liang Chen, Jundao Guiniang, sebuah desain kemasan Baijiu yang mengambil inspirasi dari seni lukisan pemandangan Tiongkok.

Seni lukisan pemandangan Tiongkok merupakan bentuk seni lukis tradisional yang unik di Timur, di mana perasaan cinta terhadap negara dan alam serta keyakinan moral tentang keadilan, kebajikan, dan integritas terkandung dalam konsepsi artistik dan estetika yang diungkapkan oleh gambar tersebut. Inspirasi produk ini datang dari konsepsi artistik seni lukis ini, yang dengan cermat mengintegrasikan gambar area produksi dalam lukisan dan menggabungkan kebajikan budaya bersama untuk menonjolkan konotasi budayanya.

Kemasan Baijiu kelas atas ini, dengan informasi budaya Tiongkok di dalamnya, menampilkan lukisan tinta Tiongkok tradisional yang menggambarkan citra dunia yang ajaib. Efek halo dari lukisan yang terjadi secara alami, menunjukkan lingkungan ekologis yang baik dari area produksi Baijiu. Ini adalah implikasi dari sikap hidup dan keyakinan budaya tentang mencintai negara, melindungi ekologi, dan mewarisi budaya yang membantu meningkatkan nilai budaya dan artistik produk.

Proses pembuatan desain ini melibatkan enamel firing dari lukisan tinta yang diterapkan pada botol keramik putih berbentuk heksagonal, memberikan tekstur gambar pemandangan. Proses bronzing menggambarkan terain asal eksklusif Baijiu, dengan lapisan gelombang yang bergulir, menonjolkan detail proses tersebut. Gambar gunung yang bergelombang dan sungai yang berkelok-kelok ditampilkan pada tutup emas, menunjukkan lingkungan ekologis yang harmonis. Dirancang sebagai cap pribadi, tutup ini dapat digunakan untuk hadiah dan koleksi.

Desain ini juga menawarkan interaksi yang unik. Dapat lebih baik dipadukan dengan pameran seni dan kegiatan peringatan untuk penyebaran dan promosi yang lebih luas dalam bentuk lukisan seni tradisional oriental. Tutup emas dengan pemodelan padat dengan gambar gunung dan sungai bisa digunakan sebagai hiasan dan juga cap tradisional, meningkatkan atribut budayanya. Dan tersedia untuk kustomisasi eksklusif dengan berbagai tujuan koleksi dan hadiah dan sebagainya.

Desain ini merupakan pemenang Silver dalam A' Packaging Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang menunjukkan kreativitas, keahlian, dan inovasi yang luar biasa. Desain ini, dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.

Secara keseluruhan, Jundao Guiniang adalah contoh sempurna bagaimana desain dapat digunakan sebagai media untuk mengangkat dan mempromosikan budaya. Dengan menggabungkan elemen-elemen tradisional dan modern, Liang Chen berhasil menciptakan kemasan yang tidak hanya berfungsi sebagai wadah, tetapi juga sebagai karya seni dan pernyataan budaya.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: SHANGHAI GUIJIU CO., LTD.
Kredit Gambar: Creative Director:Chen Liang
Anggota Tim Proyek: Creative Director:Chen Liang Chief Designer:Chen Liang Finish Artist:Yang Shilang
Nama Proyek: Jundao Guiniang
Klien Proyek: SHANGHAI GUIJIU CO., LTD.


Jundao Guiniang IMG #2
Jundao Guiniang IMG #3
Jundao Guiniang IMG #4
Jundao Guiniang IMG #5
Jundao Guiniang IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang