Remembrances in Light: Menyibak Tabir Antara Hidup dan Mati

Desain Rumah Duka Karya You Ruei Lin yang Menggabungkan Seni, Teknologi, dan Sentuhan Alam

Remembrances in Light, sebuah rumah duka dua lantai yang dirancang oleh You Ruei Lin, menampilkan estetika kontemporer dan teknologi canggih, dengan pencahayaan sebagai medium utama untuk melambangkan kehidupan setelah kematian.

Desain ini terinspirasi oleh variasi cahaya dan bayangan yang melukis cakrawala antara hidup dan mati, bumi dan surga. Dalam ruang yang tenang dan khidmat, teknik desain memanfaatkan visual linear dan sentuhan alam untuk menciptakan ilusi alam perantara antara bumi dan surga. Cahaya redup yang menembus menciptakan simulasi cahaya saat berjalan menuju fajar dan api dunia bawah. Di bawah ambang ini, hati orang-orang menerangi harapan dan kenangan.

Rumah duka dua lantai ini dibangun di sebelah krematorium tradisional. Kubikel pemakaman ditempatkan dalam konfigurasi persegi panjang, menampilkan pemandangan depan dan belakang ke arah luar. Desain keseluruhan menampilkan estetika kontemporer yang tren daripada gaya Cina kuno dan tradisional. Ruang ini menggunakan cahaya sebagai medium untuk melambangkan kelahiran kembali kehidupan, membawa akhir kepada perpisahan yang panjang.

Desain ini diwujudkan dengan menggunakan berbagai material seperti ubin, piring keramik, lantai kayu tahan lama, furnir alami, wallpaper impor, pintu cerdas, besi, cermin, dan kaca. Dengan luas 115 meter persegi untuk lantai pertama dan 380 meter persegi untuk lantai kedua, rumah duka ini menawarkan ruang yang cukup untuk mengadakan upacara pemakaman.

Desain ini juga menampilkan interaksi yang unik. Gril logam abu-abu gelap digabungkan dengan kaca lantai ke langit-langit di fasad bangunan untuk menciptakan penampilan modern, sederhana, dan rapi. Saat memasuki foyer, satu dapat menghargai lantai marmer putih yang terhubung ke dinding lengkung putih. Cahaya tersembunyi di persimpangan dinding dan langit-langit menciptakan suasana cerah dan khidmat di area resepsi, melukis pintu masuk yang bersih dan kaya seperti galeri seni.

Sebagai tempat perpisahan utama, interior lantai atas berisi area tunggu terbuka dan ruang seremonial berbagai ukuran. Cahaya masuk dari seluruh dinding jendela memungkinkan para pengunjung untuk menunggu dalam lingkungan yang cerah dan alami sambil mengenang kenangan yang lebih dalam. Dengan desain yang seperti Zen, seseorang menyaksikan perpisahan dengan kehidupan, menandai titik awal perjalanan baru.

Desain ini menghadapi tantangan kreatif dan teknis. Bingkai logam dingin, marmer yang dipoles di bawah, dan dinding yang diukir dengan garis horizontal dan bata yang saling menganyam di belakang, semuanya datang bersama dengan cahaya redup dari bawah, menyoroti visi yang beragam dan multidimensi di ruang ini. Area ini juga dapat digunakan sebagai tempat perpisahan skala besar. Di mana kepercayaan dan pencapaian hidup dapat digantung, memegang cerita hidup yang padat untuk dihormati di ruangan ini, mengubah kenangan menjadi berkat yang paling tulus.

Desain ini telah memenangkan Penghargaan Desain A' Bronze dalam kategori Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang memperlihatkan pengalaman dan daya cipta. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: You Ruei Lin
Kredit Gambar: Hey! Cheese photography team. Larry Chen film editor.
Anggota Tim Proyek: LIN YOU-RUEI
Nama Proyek: Remembrances in Light
Klien Proyek: You Ruei Lin


Remembrances in Light IMG #2
Remembrances in Light IMG #3
Remembrances in Light IMG #4
Remembrances in Light IMG #5
Remembrances in Light IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang