Sekonj Garden: Revitalisasi Ruang Urban dengan Sentuhan Desain Kontekstual

Desain Eskandarpour, Saeidizade dan Sherafati Menghidupkan Kembali Sebuah Taman yang Hampir Punah

Sebuah proyek desain ruang urban yang menggabungkan keindahan alam dan kreativitas manusia untuk menciptakan ruang interaktif bagi masyarakat.

Desain Sekonj Garden oleh Eskandarpour, Saeidizade dan Sherafati adalah upaya untuk menghidupkan kembali sebagian kecil dari taman yang hampir punah. Inspirasi utama dari desain ini adalah pohon-pohon yang ada di lokasi, yang menjadi titik kuat dari ruang ini dan menginspirasi jalur pemikiran desain. Tujuan utama dari desain ini adalah untuk menciptakan berbagai ruang untuk interaksi pengguna, dengan berbagai ruang dengan tempat duduk linier dan komunal dalam berbagai dimensi dan bahkan ketinggian yang berbeda untuk semua usia.

Desain Sekonj Garden memiliki beberapa keunikan. Di masa lalu, lokasi proyek ini adalah taman yang saling terhubung, yang sebagian besar telah hilang karena pembangunan jalan raya. Situs desain ini adalah sebagian kecil dari taman yang tersisa, di mana sumbu utamanya dan pohon-pohon tua masih ada. Desain ini bertujuan untuk menciptakan tempat yang cocok untuk interaksi sosial dan memaksimalkan kualitas kehidupan urban di setiap momen penggunaan sehari-hari.

Material yang digunakan dalam proyek ini adalah kontekstual. Bata merah digunakan paling banyak dan dengan cara yang beragam dan kreatif mulai dari lantai hingga dinding dan membentuk desain yang kohesif dan terintegrasi dengan kemungkinan penggunaan kreatif. Semua bagian proyek, termasuk tempat duduk dan pencahayaan, dibuat sepenuhnya di lokakarya proyek dengan teknik buatan tangan, yang membantu membuat proyek ini spesial.

Proyek ini dimulai pada Januari 2019 di Iran, kota Shiraz dan selesai pada September 2019. Metode desain dalam intervensi ini didasarkan pada pendekatan Jan Gehl dari survei area urban kecil. Metode ini dirancang untuk melakukan survei aktual dari ruang publik melalui indera manusia, terutama melalui mata pengamat. Metode ini telah digunakan untuk meningkatkan kondisi ruang publik dengan mengubah pengamatan menjadi desain.

Sekonj Garden telah memenangkan penghargaan Iron dalam A' Landscape Planning and Garden Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Penghargaan ini dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Eskandarpour,Saeidizade,Parisa Sherafati
Kredit Gambar: All the CREDIT and COPYRIGHT for is images belong to Sedigheh Eskandarpoor, Mahsa Saeedi zadeh, Parisa Sherafati Video Credits: Ava Keshavars, Fitness Trainer
Anggota Tim Proyek: Designer:Sedigheh Eskandarpoor, Mahsa Saeedi zadeh, Parisa Sherafati project manager: Hamidreza Esmaeli Employer: Shiraz Municipality
Nama Proyek: Sekonj Garden
Klien Proyek: Eskandarpour,Saeidizade,Parisa Sherafati


Sekonj Garden IMG #2
Sekonj Garden IMG #3
Sekonj Garden IMG #4
Sekonj Garden IMG #5
Sekonj Garden IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang