Leisurely Hauz: Rumah Liburan Kontainer yang Menggabungkan Desain Futuristik dan Alam

Desain Unik Lim Swee Chong dan Fuka Team yang Menghadirkan Harmoni antara Arsitektur dan Lingkungan

Leisurely Hauz, sebuah rumah liburan kontainer yang terletak di tengah keindahan alam pegunungan, menampilkan desain yang menggabungkan elemen klasik dan futuristik. Dengan fokus pada keberlanjutan dan interaksi dengan alam, proyek ini menawarkan tempat peristirahatan yang sempurna dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Leisurely Hauz, yang dirancang oleh Lim Swee Chong dan Fuka Team, terletak di sebuah peternakan pribadi di pegunungan. Mengikuti prinsip-prinsip rumah kontainer, desain ini menekankan pada praktik ramah lingkungan. Warna biru asli dan logam dari kontainer dipertahankan, sejalan dengan warna semen eksterior. Rumah ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur ramah lingkungan dan penggunaan kayu alami. Bangunan yang ditempatkan secara artistik di antara lanskap yang damai dan tanaman yang indah menciptakan suatu tempat yang sempurna untuk beristirahat dan merejuvenasi, memenuhi kebutuhan sebagai rumah liburan yang santai untuk sebuah keluarga.

Desain rumah ini menonjolkan bagian dari lanskap alam, menjadikannya sebuah tempat persembunyian di luar ruangan. Elemen struktural yang menekankan batas antara bangunan dan lanskap alam menjadi fokus utama. Leisurely Hauz adalah rumah kedua yang jauh dari keramaian dan tekanan kota besar. Di sini, penghuni dan pengunjung tidak hidup terisolasi, namun selalu dapat menikmati pemandangan taman di luar dan bagian-bagian lain dari fitur alam. Mereka tidak pernah merasa sendirian dan dapat berinteraksi satu sama lain serta dengan alam, menemukan kenyamanan dalam hubungan mereka dengan orang-orang terkasih dan lingkungan hijau.

Rumah ini dilapisi oleh atap logam bergelombang, yang kesederhanaan dan kekuatannya memberikan estetika industri yang kuat. Permukaan kayu dan detail tekstil menyeimbangkan dinginnya dinding dan lantai berwarna abu-abu, yang membantu menjaga ruangan agar tidak terlalu gelap dan suram. Estetika industri dan minimalis ini seimbang dengan elemen-elemen alam yang meresap ke seluruh properti, mulai dari batu, pohon, hingga air.

Proyek ini dimulai pada Februari 2022 di Penang dan selesai pada Mei 2022. Pemilik properti peternakan mengkomisikan sebuah rumah liburan untuk dibangun di properti tersebut untuk keluarga mereka. Sebagai rumah kedua, rumah ini harus elegan namun praktis, dan memiliki campuran yang nyaman antara modernitas dan suasana kembali ke alam. New Brutalism dan Biophilic Design dipilih setelah penelitian dan pertimbangan yang cermat. Interior modern dan berkelas ini minimalis namun elegan dan fungsional, dan berkontras indah dengan lingkungan alam sekitarnya.

Leisurely Hauz memenangkan Silver A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan luar biasa yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.

Desain ini dilindungi oleh hak cipta yang dimiliki oleh Fuka Interior Decoration Sdn Bhd, 2022. Kredit gambar juga diberikan kepada Fuka Interior Decoration Sdn Bhd, 2022. Dengan menggabungkan desain futuristik dan alam, Leisurely Hauz menawarkan pengalaman liburan yang unik dan menenangkan, menjadikannya destinasi yang menarik bagi siapa saja yang ingin melarikan diri dari kehidupan perkotaan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Fuka Interior Decoration Sdn Bhd
Kredit Gambar: Image credits : Fuka Interior Decoration Sdn Bhd, 2022
Anggota Tim Proyek: Lim Swee Chong & Fuka Team
Nama Proyek: Leisurely Hauz
Klien Proyek: Fuka Interior Decoration Sdn Bhd


Leisurely Hauz IMG #2
Leisurely Hauz IMG #3
Leisurely Hauz IMG #4
Leisurely Hauz IMG #5
Leisurely Hauz IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang