Il Pausa House: Rumah Modern dengan Sentuhan Futuristik

Desain Revano Satria

Sebuah ide sangat menular; tanamkan biji terkecilnya dan ia dapat tumbuh dan berkembang menjadi kenyataan. Kami selalu terpesona dengan ide menggabungkan pengetahuan arsitektur yang paling murni dan dasar dengan pendekatan desain yang tidak konvensional. Ide ini mendorong kami untuk menjelajahi transisi antara kedua dunia ini. Rumah ini dirancang dengan pendekatan khusus ini; satu pendekatan desain tunggal yang menyatukan berbagai elemen psikologis yang memungkinkan kita bermimpi.

Il Pausa House adalah rumah pribadi yang menggabungkan eksplorasi geometri dengan gaya hidup klien. Serangkaian intervensi geometri yang terukur dan mirip patung pada fasad memanfaatkan ketegangan antara elemen yang bertentangan. Di dalam, ruang-ruang dirancang untuk memiliki aliran yang lebih lancar dalam transisi antar ruang, baik secara horizontal maupun vertikal. Il Pausa dirancang dengan tujuan menyambut setiap pengunjung sejak pintu masuk.

Salah satu fitur signifikan yang mendefinisikan desain proyek ini adalah penerapan sistem berbasis parametrik untuk geometri dan struktur. Geometri dioptimalkan untuk sinar matahari dan refleksi yang masuk secara merata ke dalam rumah. Pendekatan ini didorong melalui analisis solar yang detail pada struktur, dengan perhatian yang besar diberikan pada fasad timur dan barat. Distribusi bukaan fasad sangat dipengaruhi oleh sumbu pandang, tinggi penghuni, dan distribusi cahaya alami yang merata. Il Pausa House direalisasikan setelah fase studi dan konstruksi yang memakan waktu lebih dari 6 tahun untuk diselesaikan.

Il Pausa House adalah salah satu unit hunian di Indonesia yang mengatasi tantangan dalam konstruksi dan desain. Rumah ini mengambil pendekatan yang sangat maju dalam menangani masalah pada skala lokal. Interaksi antara fungsi, bentuk, cahaya, kinerja lingkungan, respons sosial, dan asimilasi lokal telah mengubah apa yang biasanya dianggap sebagai tempat tinggal biasa menjadi tempat yang telah mendorong batasan konstruksi dan desain, menjadi landmark arsitektur yang unik dalam kota.

Tantangan utama dalam proyek ini adalah persyaratan dan kebutuhan klien yang sangat spesifik dan rinci. Kesulitan utama adalah memenuhi permintaan klien untuk tinggal di rumah yang menakjubkan secara visual dan unik, namun tetap mempertahankan persyaratan budaya konvensional rumah lokal. Tantangan lainnya muncul dari alur kegiatan yang rumit namun sangat spesifik yang diperlukan dalam seluruh proyek; di mana rumah berfungsi sebagai basis profesi klien tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari penghuni rumah.

Il Pausa House menunjukkan hubungan yang kuat antara aksesibilitas, efisiensi, dan produktivitas dalam semua aspeknya. Terbukti melalui morfologi geometri desain, serta hubungan dan korelasi antara ruang internal, yang meluas hingga ke desain struktur dan integrasi sinar matahari alami di seluruh rumah dan dampaknya pada hunian rumah. Meskipun memiliki interior yang indah dan pemilihan material yang harmonis, fitur utama rumah ini adalah pintu masuk besar yang terletak di tingkat jalan, dengan indah membagi pandangan pejalan kaki.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Revano Satria
Kredit Gambar: Photographer : Andreas Widi
Anggota Tim Proyek: Revano Satria
Nama Proyek: Il Pausa House
Klien Proyek: Revano Satria


Il Pausa House IMG #2
Il Pausa House IMG #3
Il Pausa House IMG #4
Il Pausa House IMG #5
Il Pausa House IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang