Promenade: Bangunan Hijau yang Meningkatkan Kesejahteraan dan Kualitas Hidup

Proyek Arsitektur Natalia Ottonello yang Menggabungkan Manusia, Arsitektur, Alam, dan Kota

Proyek arsitektur yang berfokus pada hubungan antara warga kota dan alam, Promenade, adalah simbol alam dan kesehatan yang dirancang untuk memperkaya kota dan meningkatkan kualitas hidup penduduknya.

Desain Promenade terinspirasi oleh alam dan bertujuan untuk menciptakan landmark hijau di kota. Natalia Ottonello, arsitek di balik proyek ini, menggunakan pendekatan Biophilic Design di mana tanaman menjadi protagonis. Desain ini memperkaya pengalaman sensorik dengan mengintegrasikan lanskap tanaman dengan dimensi arsitektur.

Promenade dirancang untuk format arsitektur baru yang mendorong hubungan antara warga kota dan alam. Desain ini memasukkan alam sebagai kebutuhan untuk meningkatkan lingkungan di kota dan sebagai peluang besar untuk meningkatkan kualitas hidup warga. Dengan menghubungkan manusia, arsitektur, alam, dan kota, Promenade mengusulkan paradigma desain baru untuk Uruguay, di mana vegetasi dan alam yang hidup harus dianggap sebagai elemen konstituen dari bahasa arsitektur.

Arsitektur Promenade ditentukan oleh kesederhanaan dan elegansi kaca, aluminium hitam, dan kayu, serta desain biophilic dan koneksi dengan alam. Ada dua elemen yang paling mendefinisikan arsitektur Promenade: Kaca dan Tanaman Hijau. Kaca adalah bagian penting dari esensi bangunan, karena seluruh fasad dirancang dengan kaca dari lantai hingga langit-langit. Dan tanaman hijau adalah elemen yang mendefinisikan identitas Promenade. Cahaya, transparansi, dan tanaman hijau, adalah konsep utama desain ini.

Promenade adalah bangunan 10 lantai, dengan delapan lantai ditujukan untuk 54 apartemen, lantai dasar yang menampilkan hall bangunan, beberapa fasilitas, dan beberapa premis komersial, dan teras atap dengan taman komunitas dan beberapa kebun sayur. Pengembangan ini mencakup apartemen satu, dua, dan tiga kamar tidur, dan semuanya memiliki teras dengan pot yang merupakan elemen penting dari fasad dan yang menampung tanaman dan pohon asli.

Desain bangunan bertujuan untuk memfasilitasi cara hidup perkotaan dan berkelanjutan. Misi utama dalam proyek ini adalah untuk mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat. Setiap penghuni memiliki teras hijau pribadi, dan area kebun sayur di atap bangunan. Mendorong penghuni untuk menanam makanan mereka sendiri, dan mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat. Interaksi penghuni didorong dengan ruang sosial. Baik taman dan teras atap, memiliki misi untuk mendorong penghuni untuk bersosialisasi. Mereka adalah ruang dinamis yang diciptakan untuk menikmati alam dan aktivitas sosial.

Proyek ini dimulai pada tahun 2022 dan sedang dalam tahap konstruksi, dan akan selesai pada tahun 2024. Lokasinya di Punta del Este, Uruguay. Dalam perancangan Promenade, tantangan utama adalah menciptakan bangunan yang benar-benar dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penghuni. Menciptakan arsitektur yang dapat "menyuburkan", mempromosikan kemungkinan diet yang lebih sehat dengan produksi makanan yang ditanam sendiri; menawarkan kualitas udara, air, dan cahaya yang sangat baik; mendorong penghuni untuk berkontak dengan alam, berolahraga, bersosialisasi; merancang ruang yang menginspirasi, ruang untuk terhubung dengan orang lain dan juga dengan diri mereka sendiri, dan ruang yang dapat memfasilitasi tidur malam yang baik; mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat.

Promenade adalah bangunan yang dirancang untuk format arsitektur baru, yang berfokus pada mendorong hubungan antara warga kota dan alam, dan mencapai tujuan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penghuni. Desain ini memasukkan alam sebagai kebutuhan untuk meningkatkan lingkungan di kota dan sebagai peluang besar untuk meningkatkan kualitas hidup warga. Desain Promenade, yang menghubungkan manusia, arsitektur, alam, dan kota, mengusulkan paradigma desain baru untuk Punta del Este, di mana vegetasi dan alam yang hidup harus dianggap sebagai elemen konstituen dari bahasa arsitektur.

Desain ini telah memenangkan Penghargaan Desain A' Bronze dalam A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2023. Penghargaan A' Design Award Bronze diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang memvalidasi pengalaman dan sumber daya. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Natalia Ottonello
Kredit Gambar: Image #1, Guevara Ottonello Architects, 2022 Image #2, Guevara Ottonello Architects, 2022 Image #3, Guevara Ottonello Architects, 2022 Image #4, Guevara Ottonello Architects, 2022 Image #5, Guevara Ottonello Architects, 2022
Anggota Tim Proyek: Architect: Natalia Ottonello Architect: Ian Guevara
Nama Proyek: Promenade
Klien Proyek: Natalia Ottonello


Promenade IMG #2
Promenade IMG #3
Promenade IMG #4
Promenade IMG #5
Promenade IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang