Beltman: Karya Seni yang Menggabungkan Desain dan Teknologi

Desain Artistik yang Menghadirkan Kontrol dan Keindahan

Dalam dunia nyata yang mengalami perubahan mendalam, Metaverse membawa permainan sentral dan terdesentralisasi. Metaverse berputar di sekitar satu tema "kontrol". Orang-orang mengejar kesederhanaan dan membangun aturan. Pada saat yang sama, perkembangan dan persaingan muncul dengan kompleksitas, keseimbangan, dan pertentangan. Desain ini menuju tema tersebut dengan cara yang intuitif dan inovatif. Regulasi dan persaingan, kesederhanaan dan kompleksitas, saling mempengaruhi, dan saling dapat dipindahkan. Masyarakat manusia selalu mengejar jenis "kontrol" yang menggabungkan keseimbangan dan pertentangan.

Beltman adalah karya seni yang menggabungkan desain dan fungsi sebagai koleksi, dekorasi, mainan, dan sebagainya. Kesederhanaan dan kehalusan hidup berdampingan, menggabungkan gaya dekonstruksi dan strukturalisme. Struktur sendi secara berani terbuka, menyoroti kekuatan, tekstur, dan gravitasi visual dari seluruh volume struktural. Garis-garis aliran menciptakan momentum dan ketegangan. Detail-detailnya menggambarkan emosi dan cerita yang kaya. Interpretasi dan praktik desain berkelanjutan menekankan pada pemikiran ulang desain dan harmoni dengan gaya hidup kontemporer antara Maximalisme dan Minimalisme.

Dalam upaya untuk mencapai desain yang berkelanjutan, Beltman dirancang sepenuhnya secara digital, dengan desain yang disederhanakan dan struktur internal yang dikosongkan untuk mengurangi konsumsi material dan berat produk secara signifikan. Integrasi ini ringan dan tahan lama. Keterampilan tangan yang halus dan semangat pengrajin memberdayakan teknologi yang akurat dan efisien untuk menciptakan dekorasi seni modern yang hangat.

Beltman memiliki dimensi produk, W 130mm x D 80mm x H 280mm, dan dimensi paket, W 240mm x D 140mm x H 360mm. Desain ini menggunakan teknologi cetak 3D dan teknologi pengosongan ketebalan non-seragam untuk mencapai keseimbangan terbaik antara kehalusan, berat, dan kualitas.

Dengan keindahan struktural dari Dunia Fisik, bentuk dan karakter Beltman mencerminkan lamunan yang memikat dan interaksi emosional dengan Dunia Virtual. Tekstur permukaannya mencerminkan ketidakpastian teknologi masa depan dan berinteraksi serta menyatu dengan manusia dan ruang.

Proyek Beltman dimulai pada tahun 2021 dan selesai pada tahun 2022. Dalam prosesnya, dilakukan 15 eksperimen untuk mencapai keseimbangan antara kehalusan dan efisiensi energi terbaik. Desain ini menggunakan teknologi pengosongan ketebalan non-seragam dan teknologi pencetakan 3D. Berdasarkan posisi tegangan yang berbeda, ketebalan pengosongan yang sesuai ditekankan, yang signifikan meningkatkan tingkat produk jadi yang memenuhi syarat, dan pada saat yang sama, meminimalkan bahan habis pakai untuk mencapai keseimbangan terbaik antara kehalusan, berat, dan kualitas.

Beltman memiliki gaya komposisi yang sangat khas, dengan bentuk manusia namun sendi-sendi mekanis, seolah-olah dikuasai. Ia memiliki emosi yang kuat dan kepribadian. Garis-garis kompleks saling terjalin dari pusat, sangat membingungkan, dan perlahan-lahan berdivergen dan menyebar ke seluruh tubuh, menjadi mudah dan langsung. Presentasi visual seluruh tubuhnya menyampaikan konsep yang jelas, yaitu kontrol. Desainer mencoba menciptakan estetika di mana cerita dapat ada dalam kesederhanaan, dan ketertiban dapat ada dalam kompleksitas.

Beltman telah meraih Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award kategori Seni Rupa dan Desain Instalasi. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Penghargaan ini dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.

Beltman adalah karya seni yang menggabungkan desain dan teknologi dengan keunikan dan keindahan yang luar biasa. Dengan menggabungkan elemen-elemen seni, arsitektur, dan inovasi, Beltman menghadirkan pengalaman yang menginspirasi dan memikat bagi para penggemar seni dan desain.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Fan Bai
Kredit Gambar: Image #1: Creator Fan Bai, Beltman, 2022. Image #2: Creator Fan Bai, Beltman, 2022. Image #3: Creator Fan Bai, Beltman, 2022. Image #4: Creator Fan Bai, Beltman, 2022. Image #5: Creator Fan Bai, Beltman, 2022.
Anggota Tim Proyek: Designer: Fan Bai, Jibing Wu
Nama Proyek: Beltman
Klien Proyek: Fan Bai


Beltman IMG #2
Beltman IMG #3
Beltman IMG #4
Beltman IMG #5
Beltman IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang