Lotus Date Recorder: Menggabungkan Seni dan Teknologi dalam Desain Perhiasan

Mana Khaloo Menciptakan Kalung Unik yang Mengabadikan Tanggal Spesial

Perhiasan bukan hanya sekedar aksesori, tetapi juga bisa menjadi simbol yang mengandung makna mendalam. Lotus Date Recorder, sebuah desain kalung oleh Mana Khaloo, membawa konsep ini ke tingkat yang lebih tinggi.

Lotus Date Recorder terinspirasi oleh anting-anting dari ibu kota upacara Kekaisaran Achaemenid, yang saat ini dipamerkan di museum Louver. Bentuk anting-anting ini diambil dari rosette berkelopak dua belas, berdasarkan bunga lotus yang terukir di hampir semua dinding di Persepolis. Bunga ini adalah simbol keabadian dan kebaikan yang abadi, dan juga melambangkan matahari dan dua belas bulan dalam setahun.

Koleksi Lotus ini unik karena dapat mencatat tanggal-tanggal spesial. Semua kalung dalam koleksi ini serupa dalam bentuk dasarnya, tetapi unik, karena masing-masing menunjukkan tanggal tertentu. Ada 31 kelopak kecil sebagai hari, dan 12 marquise untuk menunjukkan bulan. Anda akan diberi hadiah oleh penjaga tanggal Anda sendiri. Tanda emas pada kelopak dan marquise yang dipilih sesuai untuk menunjukkan tanggal yang diinginkan. Tanggal dibaca searah jarum jam.

Proyek ini dimulai pada Maret 2019 di Shiraz/Iran. Produksi pertama koleksi ini dalam perak dipamerkan di Pameran Mehregan, Tehran/Iran pada Oktober 2019. Menghabiskan waktu yang lama untuk menemukan aspek konseptual dan makna simbolis dari rosette berkelopak dua belas, diputuskan untuk menyusun kembali kelopak di anting-anting Achaemenid dengan cara yang mewakili 31 hari dalam sebulan, dan 12 bulan dalam setahun agar dapat mencatat tanggal suatu acara spesial.

Desain ini dihadapkan dengan tantangan dalam menyusun kembali kelopak dengan cara yang sesuai dengan jumlah hari dan bulan sambil menjaga bentuk asli anting-anting lotus Achaemenid. Memutuskan warna apa yang bisa dirasakan lebih sebagai bunga lotus asli sambil mewakili kebangsawanan Iran adalah tantangan lainnya.

Koleksi Lotus adalah individu dalam arti dapat mencatat tanggal-tanggal spesial yang unik untuk setiap orang. Ada 31 kelopak kecil sebagai hari, dan 12 marquise untuk menunjukkan bulan. Tanda emas pada salah satu kelopak dan salah satu marquise sesuai untuk menunjukkan tanggal yang dipilih. Liontin ini terinspirasi oleh sepasang anting-anting dari Kekaisaran Achaemenid. Bentuk anting-anting ini diambil dari bunga lotus yang terukir di dinding-dinding di Persepolis. Bunga ini adalah simbol keabadian dan melambangkan matahari dan dua belas bulan dalam setahun.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Iron di A' Jewelry, Eyewear and Watch Design Award pada tahun 2023. Iron A' Design Award diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan pemenuhan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Mana Khaloo
Kredit Gambar: Image #1: Mana Khaloo, Lotus date recorder , 2022 Image #2: Mana Khaloo, Lotus date recorder , 2022 Image #3: Mana Khaloo, Lotus date recorder , 2022 Image #4: Mana Khaloo, Lotus date recorder , 2022 Image #5: Mana Khaloo, Lotus date recorder , 2022
Anggota Tim Proyek: Mana Khaloo
Nama Proyek: Lotus Date Recorder
Klien Proyek: Mana Khaloo


Lotus Date Recorder IMG #2
Lotus Date Recorder IMG #3
Lotus Date Recorder IMG #4
Lotus Date Recorder IMG #5
Lotus Date Recorder IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang