Mengintip Desain Megah dari Bay Mega Mansion oleh Tengyuan Design

Menafsirkan Kekuatan dan Ketenangan Laut dalam Arsitektur

Bay Mega Mansion, sebuah pusat pameran yang dirancang oleh Tengyuan Design, menampilkan interpretasi unik tentang kekuatan dan ketenangan laut dalam bentuk arsitektur yang elegan dan inovatif.

Terletak di Jiaozhou Bay, antara langit dan laut, desain ini memanfaatkan sumber daya landskap sekitarnya dengan penuh. Mengambil elemen garis horizontal dan kurva dari laut yang tenang dan ombak yang bergolak, Bay Mega Mansion menciptakan harmoni antara ketenangan dan kekuatan. Garis horizontal pada lapisan atas melambangkan ketenangan, yang sejalan dengan laut yang tenang; sementara kurva kuat pada lapisan bawah melambangkan kekuatan, yang sejalan dengan ombak yang bergolak.

Proyek ini berlokasi di Distrik Utara Qingdao, di persimpangan Changjia Road dan Ruihai Road. Dengan pemandangan langsung ke Jiaozhou Bay, proyek ini memiliki sumber daya pemandangan laut yang unik. Pusat pameran ini menggunakan garis horizontal untuk mencerminkan kelembutan dan ketenangan laut, dan menggunakan kurva elegan untuk menginterpretasikan postur bergulir dari ombak laut yang besar, menyelesaikan sebuah konser antara laut dan ombak.

Untuk merealisasikan desain ini, panel aluminium digunakan untuk bagian kornis dari fasad, dan sisanya dibuat dari kaca. Kontras antara dua material ini menonjolkan garis horizontal yang meluas ke langit dan kurva yang santai. Lantai pertama bangunan menggunakan tirai dinding kaca transparan, seperti tirai air yang mengalir, mencerminkan langit dan awan. Dikombinasikan dengan pemandangan air melingkar dari dasar, menciptakan efek mengapung di atas air.

Desain pusat pameran ini dimulai dari perspektif penyempurnaan simbol budaya regional, dan menggunakan tema "laut" untuk mengekspresikan kembang indah kota. Bangunan ini berdiri anggun di tepi laut, dengan sikap yang terbuka, telah menjadi kenangan baru kota dan titik check-in bagi selebriti internet.

Pada tahap awal desain, dipertimbangkan fungsi penggunaan di masa depan. Setelah penjualan selesai, akan diubah menjadi pusat olahraga dengan biaya minimal untuk memaksimalkan efisiensi pemanfaatan sumber daya. Lantai pertama memiliki ketinggian 7,4 meter, jarak dari utara ke selatan adalah 15 meter dan dari timur ke barat adalah 18 meter, memenuhi persyaratan ketinggian bersih pusat olahraga. Ini dapat diubah menjadi tempat basket setengah lapangan dan tenis meja di tahap selanjutnya.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Golden dalam A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2023. Penghargaan A' Design Award : Diberikan kepada kreasi yang luar biasa, menonjol, dan menentukan tren yang mencerminkan kejeniusan dan kebijaksanaan desainer. Mereka adalah produk dan ide cerdas yang memajukan seni, sains, desain, dan teknologi, mencakup keunggulan luar biasa dan berdampak signifikan pada dunia dengan karakteristik yang diinginkan.

Bay Mega Mansion oleh Tengyuan Design adalah contoh sempurna bagaimana arsitektur dapat menafsirkan dan merayakan keindahan alam, dalam hal ini kekuatan dan ketenangan laut. Dengan desain yang inovatif dan pemikiran yang mendalam, Tengyuan Design telah menciptakan sebuah karya arsitektur yang tidak hanya fungsional, tetapi juga estetis dan inspiratif.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Tengyuan Design
Kredit Gambar: Image #1:photography:Tri-Images Image #2:photography:Tri-Images Image #3:photography:Tri-Images Image #4:photography:Tri-Images Image #5:photography:Tri-Images
Anggota Tim Proyek: Wenjie Liang,Jinbo Tang,Wenlue Wang,Zhongtian Qi,Yan Fu,Lu Jin,Xue Sun,Chao Xu,Jingqiang Zhou,Cong Li,Jiaqi Chen,Shengjie Jiang,Zhiyuan Zhang
Nama Proyek: Bay Mega Mansion
Klien Proyek: Tengyuan Design


Bay Mega Mansion IMG #2
Bay Mega Mansion IMG #3
Bay Mega Mansion IMG #4
Bay Mega Mansion IMG #5
Bay Mega Mansion IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang