ABSOLUT LAB: Toko Pop-up yang Menghadirkan Pengalaman Belanja yang Unik

Merangkum Kebebasan dan Kreativitas Melalui Desain Modular

ABSOLUT LAB adalah program global dari merek vodka Swedia, Absolut, dan proyek ini merupakan toko pop-up pertama dari ABSOLUT LAB. Dibangun dari lokasi yang sudah ada, toko ini memamerkan gaya hidup bebas dan artistik melalui sistem modular. Terinspirasi oleh Mobius Strip, ruang ini menciptakan pengalaman belanja yang mengalir dan menyampaikan semangat merek untuk mencapai keunggulan kepada konsumen di China.

ABSOLUT LAB berhasil mengkomunikasikan budaya merek ABSOLUT yang berusia satu abad melalui desain yang ramah lingkungan dan rendah karbon. Dibentuk oleh komponen modular, ruang ini memberikan kesan ringan dan mengalir. Elemen modular ini dapat digunakan kembali, melampaui waktu dan menggambarkan daya tarik abadi merek yang sudah berusia satu abad. Selain itu, pendekatan desain modular menciptakan pengalaman belanja modern dan menghasilkan ruang dengan gaya yang khas dan nuansa perpaduan bebas seperti Mobius Strip.

Pintu masuk menampilkan koridor yang terbuat dari lembaran polikarbonat melengkung dan bahan berlapis cermin, yang membentang dari dalam ruangan hingga ke ruang publik luar. Ini membentuk struktur yang mirip dengan Mobius Strip, yang memecah batas spasial dan menciptakan rute sirkulasi yang melengkung. Langit-langit berlapis cermin di dalam ruangan menghilangkan kesan sempit dalam ruang dan memamerkan citra merek yang baru dan beragam. Semua modul diprefabrikasi, yang efisien dan ramah lingkungan.

Desain ini menekankan pada desain rendah karbon dan ramah lingkungan. Kertas kraft, stainless steel, dan lembaran polikarbonat yang dapat didaur ulang dipilih sebagai bahan utama. Gulungan kertas digunakan untuk sebagian besar dinding, yang menghindari polusi yang diakibatkan oleh lukisan minyak. Modul di ruang interior terutama terbuat dari stainless steel. Pintu masuk menampilkan koridor yang terbuat dari lembaran polikarbonat melengkung dan bahan berlapis cermin. Semua perlengkapan dapat didaur ulang setelah ruang sementara ini dibongkar.

Desain ini berhasil merefresh citra botol ikonik Absolut melalui bahan dan bentuk baru. Permukaan melengkung yang berlipat ganda mengekspresikan kesan tak terbatas dari botol ikonik tersebut. Stainless steel, yang memiliki kesan teknologi, memberikan ruang ini temperamen yang unik. Bahan ini dilubangi, menghasilkan integrasi antara kesan ringan dan solid dan menciptakan pandangan terbuka di ruang tersebut. Desain formal dari detail-detail sepenuhnya memanifestasikan karakteristik merek.

Proyek ini dimulai pada Mei 2019 dan selesai pada Juli 2019 di Shanghai, China. Toko pop-up ini diubah dari ruang yang sempit dan harus selesai konstruksinya dalam waktu lima hari. Pada awal proyek, para desainer membayangkan citra ruang baru yang sejalan dengan lingkungan sekitarnya dan masyarakat, serta mempertimbangkan batas sosial antara orang-orang dari perspektif seni kontemporer dan budaya kreatif.

Menciptakan toko pop-up yang mencerminkan fitur merek dalam ruang kurang dari 150 meter persegi melalui cara yang rendah karbon dan ramah lingkungan merupakan tantangan besar. Selain itu, jadwal konstruksi yang ketat membuat tugas ini semakin menantang. Untuk mengatasi hal ini, para desainer dengan inovatif mengadopsi komponen modular untuk membangun ruang tersebut. Pendekatan modular ini memaksimalkan perlindungan lingkungan sambil memenuhi kebutuhan fungsional. Akhirnya, konstruksi toko selesai dalam waktu hanya 60 jam.

Proyek ini adalah toko pop-up untuk Absolut. Melalui strategi yang berorientasi pada komunitas dan desain kreatif, proyek ini membawa pengalaman baru yang menggabungkan seni dengan ritel. Desain spasial terinspirasi oleh Mobius Strip dan perluasan citra cermin dalam film Inception. Desain modular yang rendah karbon dan ramah lingkungan diadopsi untuk mengorganisir area fungsional. Modul-modul ini dapat dibongkar dan digabungkan kembali, membawa kemungkinan tak terbatas seperti bagian Lego dan membentuk ruang Utopia yang tidak hierarkis. Semua modul diprefabrikasi dan dipasang dengan efisiensi tinggi, serta dapat didaur ulang.

ABSOLUT LAB berhasil meraih penghargaan Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Penghargaan ini dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Moneys Studio
Kredit Gambar: YKS
Anggota Tim Proyek: Joyce Dong Yue Qian Wenhao Liu Shijie Li Ting-yu Chen
Nama Proyek: Absolut Lab
Klien Proyek: Moneys Studio


Absolut Lab IMG #2
Absolut Lab IMG #3
Absolut Lab IMG #4
Absolut Lab IMG #5
Absolut Lab IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang