Mouled Bonbon: Desain Kemasan yang Modern untuk Perayaan Tradisional

Karya Desainer Kamal Rizk - Bold Branding

Perayaan Mouled menjadi inspirasi utama dalam proyek ini. Merupakan salah satu festival folklore Islam yang paling terkenal karena merayakan ulang tahun nabi. Hari tersebut dipenuhi dengan festival yang penuh kegembiraan, ornamen folklore berwarna-warni, dan permen kacang khusus yang hanya dibuat untuk hari ini selama beberapa generasi. Permen-permen tersebut kemudian menjadi hadiah tradisional dengan mainan boneka dan ksatria ikonik dalam perayaan tahunan.

Desain ini memiliki konsep yang didasarkan pada integrasi elemen Bonbon dengan ikon folklore perayaan Mouled yang tradisional dalam visual modern yang menyenangkan. Dengan menggunakan warna-warna mencolok yang cerah, desain ini menampilkan Boneka Mouled yang terkenal, Ksatria, Kuda, Mata Jahat, dan Merpati yang damai. Semua elemen desain membentuk bentuk bonbon yang mewakili produk di dalamnya. Tipografi Mouled Bonbon menjadi sentuhan terakhir yang diciptakan dengan garis tebal yang keren, menggabungkan konsep dan tema secara menarik.

Kemasan ini terdiri dari tabung yang terbuat dari kertas daur ulang 100%, disegel dengan dasar dan tutup dari plat timah yang dilapisi dengan tutup plastik untuk perlindungan setelah dibuka.

Spesifikasi desain ini adalah Lebar Tabung 100 x Diameter 100 x Tinggi 270.

Dalam penelitian ini, kami melakukan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah orang akan menerima desain modern untuk acara konvensional. Kami melakukan survei online pada sampel acak pelanggan saat ini dan pejalan kaki di dekat toko. Mayoritas tidak menyukai desain Mouled tradisional dan ingin desain yang lebih kreatif. Mereka menyukai desain, warna, dan tipografi, dan terus berinteraksi dengan tabung yang menerjemahkan ikon-ikon tersebut. Desain akan mempengaruhi keputusan pembelian mereka dan mereka akan memilih desain modern.

Perayaan Mouled telah ada sejak abad ke-11 di Mesir. Dirayakan oleh generasi dengan perayaan tradisional yang sama, dan pembuatan permen khusus, hingga menjadi folklore dengan tema ikonik. Merancang desain kemasan Mouled untuk merek kreatif modern adalah tantangan. Kami menyederhanakan tema folklore yang kaya menjadi ikon utama untuk menciptakan desain minimalis dengan garis geometris yang jelas dan warna mencolok, mengkomunikasikan elemen-elemen tradisional dalam visual modern dan muda.

Ini adalah desain kemasan untuk permen kacang berukuran bonbon khusus yang hanya dibuat untuk perayaan Mouled. Konsep desain didasarkan pada bentuk bonbon yang dibungkus yang disesuaikan dengan panjang tabung. Desainer menyederhanakan festival folklore Mouled menjadi elemen ikonik minimalis dengan menggunakan garis geometris yang jelas. Dia menciptakan Boneka, Ksatria, Kuda, Mata Jahat, dan Merpati dengan blok warna yang mencolok. Dengan gaya geometris yang sama, dia menciptakan tipografi Mouled Bonbon yang tebal, menggabungkan konsep secara keseluruhan. Mouled Bonbon ini adalah interpretasi modern dari perayaan konvensional kuno.

Desain ini memenangkan Penghargaan Iron dalam A' Packaging Design Award pada tahun 2023. Iron A' Design Award diberikan kepada kreasi yang didesain dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: BOLD Branding
Kredit Gambar: Image #1: Illustrator Kamal Rizk, 2022 Image #2: Illustrator Kamal Rizk, 2022 Image #3: Illustrator Kamal Rizk, 2022 Image #4: Illustrator Kamal Rizk, 2022 Image #5: Illustrator Kamal Rizk, 2022
Anggota Tim Proyek: Lead designer: Kamal Rizk Project manager: Sarah El Kasaby
Nama Proyek: Mouled Bonbon
Klien Proyek: BOLD Branding


Mouled Bonbon IMG #2
Mouled Bonbon IMG #3
Mouled Bonbon IMG #4
Mouled Bonbon IMG #5
Mouled Bonbon IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang