Profound Dimensions: Sinergi Antara Alam dan Minimalisme dalam Desain Ruang Kerja

Chang-zhi Xie Menciptakan Ruang Kerja Multifungsi dengan Sentuhan Industri yang Menawan

Profound Dimensions, sebuah proyek desain ruang kerja oleh Chang-zhi Xie, menampilkan harmoni antara struktur dan proporsi dengan inspirasi dari alam dan minimalisme. Dengan area interior sekitar 30 meter persegi, ruang ini dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti resepsi, diskusi, pameran, makanan ringan, dan rekreasi karyawan.

Chang-zhi Xie, desainer di balik Profound Dimensions, terinspirasi oleh alam, minimalisme, dan kesederhanaan. Ia menghindari modernisme yang berlebihan dalam dekorasi dan warna kontras. Ruang tiga dimensi ini menyampaikan harmoni dan kontras struktur dan proporsi melalui karakteristik material, teknik konstruksi, dan volume. Logika warna yang memadukan warna kayu dalam nuansa abu-abu terang dan gelap, memberikan frekuensi konstan pada ruang dengan inklusivitas yang luar biasa. Hal ini memastikan bahwa meskipun orang berada di ruang tersebut dalam waktu yang lama, mereka masih memiliki persepsi yang nyaman dan bebas stres di ruang interior.

Proyek ini melibatkan ruang komersial satu lantai dengan area interior sekitar 30 meter persegi. Mengingat bentuk ruang yang panjang dan perlu memenuhi berbagai tujuan seperti resepsi, diskusi, pameran, makanan ringan, dan rekreasi karyawan, ruang ini menekankan konfigurasi terbuka. Bagian depan ditekan keluar lebih dari satu meter untuk meningkatkan kedalaman yang dapat digunakan, dan dengan desain fasad yang khas untuk menciptakan citra merek eksklusif dan meningkatkan pengenalan merek. Dekorasi interior menggabungkan furnitur yang dapat dipindahkan, pencahayaan, jalur tangga, bentuk permukaan yang berkelanjutan dan area bar untuk mendefinisikan fungsi unit individu secara fleksibel, membuat ruang yang nyaman yang memungkinkan penggunaan yang serbaguna dan dinamis, berdampingan dengan pemandangan yang transparan dan terbuka.

Chang-zhi Xie memilih material yang membutuhkan pemrosesan minimum, tingkat formaldehida rendah, dan sebagian besar bahan dasar yang dapat didaur ulang, seperti lembaran logam yang dipanggang dalam celadon untuk fasad, plywood untuk lemari besar di bawah balok interior, dan papan semen serat kayu (WWCB) untuk isolasi suara dan panas, diikuti oleh baja karat yang dipotong miring dan batu permukaan untuk bar, jaringan logam untuk pegangan tangga dan gantungan, dan cat khusus untuk dinding dengan perlakuan swashbuckling, dll. Selain membentuk gaya ruang yang jelas, proyek ini juga memperhatikan detail penyempurnaan dan karakteristik material yang berbeda.

Proyek ini selesai pada Juli 2022 di Taoyuan City, Taiwan. Dalam penelitian desain ini, Chang-zhi Xie menciptakan lemari display besar yang tampaknya merentang ke atas, tetapi sebenarnya, mereka terbuat dari material yang berkelanjutan untuk menutupi dan mempercantik struktur besar, secara halus menghilangkan rasa pengekangan ruang. Baris tangga lantai atas dipertahankan di belokan tangga, yang tidak hanya meringankan tangga, tetapi juga memungkinkan cahaya dan bayangan mengalir dengan bebas. Bagian depan interior menghilangkan naungan langit-langit, yang di satu sisi meningkatkan ketinggian visual melalui bayangan garis, dan di sisi lain menghubungkan berbagai bagian ruang satu sama lain menggunakan cat abu-abu.

Profound Dimensions telah memenangkan Penghargaan Desain A' Bronze dalam Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang memvalidasi pengalaman dan kecerdasan. Terkenal karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Chang-zhi Xie
Kredit Gambar: CCH IMAGE STUDIO
Anggota Tim Proyek: Chang-zhi Xie
Nama Proyek: Profound Dimensions
Klien Proyek: Chang-zhi Xie


Profound Dimensions IMG #2
Profound Dimensions IMG #3
Profound Dimensions IMG #4
Profound Dimensions IMG #5
Profound Dimensions IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang