Wave Rhythm: Harmoni Antara Air dan Ruang oleh Jing Design

Residensi yang Menggabungkan Elemen Alam dan Estetika Minimalis

Terinspirasi oleh keindahan alam dan kekuatan air, Jing Design menciptakan sebuah residensi yang menampilkan harmoni antara elemen alam dan estetika minimalis.

Sebagai seorang desainer, Jing Design selalu mencari inspirasi dari alam. Dalam proyek ini, klien sangat menyukai gambaran yang terjadi di alam, seperti daun yang ditiup angin, bayangan yang diciptakan oleh cahaya yang menembus puncak pohon, dan garis aliran sungai yang mengalir dari tempat yang tinggi ke rendah. Mengambil konsep 'air', desainer menerapkan elemen-elemen alam ke dalam proyek, menunjukkan kelembutan dan kekuatan air dalam lemari dan dinding, dan mencari keseimbangan elemen alam dalam desain interior yang fungsional.

Desain dinding yang tidak teratur mengekspresikan imajeri dinamis air, memberikan ruang ekspresi visual yang menarik melalui garis yang halus dan estetis. Desain interior adalah konsep tiga dimensi dengan dimensi vertikal, dalam, dan horizontal. Ketika ketenangan kolam dipecahkan oleh kekuatan eksternal, tidak hanya menghasilkan gelombang yang teratur tetapi juga gelombang yang bergelombang. Desainer mereplikasi ekspresi visual dinamis di seluruh ruangan, menciptakan tampilan gelombang melalui perencanaan perabotan dan kabin.

Material bangunan yang digunakan meliputi pelapis seni, veneer kayu, lemari sistem, lantai kayu, batu, kerajinan besi, cat mineral, karpet beludru biru, dan lainnya. Skema warna adalah nada cahaya murni, dilengkapi dengan pelapis seni abu-abu sebagai kerangka. Selain itu, desainer menggunakan warna dan tekstur serat kayu untuk menggambarkan perubahan di setiap area dan kemudian menambahkan perabotan untuk menekankan jiwa biru-aqua proyek tersebut.

Area totalnya adalah 132,2 meter persegi, dengan tiga kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dan tiga kamar mandi. Desainer telah memaksimalkan kenyamanan dan kealamian interior. Tata letak didasarkan pada pengaturan gerakan yang rasional dan tepat, dan desainer telah mengoptimalkan ukuran jendela dari lantai ke langit-langit dengan menghilangkan batas antara area publik dan pribadi dari grating untuk meningkatkan pencahayaan.

Proyek ini selesai pada April 2021 di Taiwan. Dalam penelitian desain ini, desainer mengambil dua konsep-air dan keseimbangan-sebagai tema. Desainer menggunakan tekstur alami material untuk menciptakan efek visual murni dan menggunakan area besar pelapis seni untuk menghubungkan transisi. Gelombang digambarkan di koridor, jendela, dan perabotan, mengisi ruang secara alami dan halus.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menunjukkan pengalaman dan keterampilan sumber daya. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: JING Design
Kredit Gambar: JING Design
Anggota Tim Proyek: JIAN-XIANG HUANG
Nama Proyek: Wave Rhythm
Klien Proyek: JING Design


Wave Rhythm IMG #2
Wave Rhythm IMG #3
Wave Rhythm IMG #4
Wave Rhythm IMG #5
Wave Rhythm IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang