Startracks: Mainan Edukasi yang Mengajarkan Astronomi kepada Anak-anak

Permainan Papan yang Menggabungkan Sains dan Keseruan

STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) adalah pendekatan pendidikan yang semakin populer di kalangan anak-anak. Namun, dalam bidang pendidikan sains, pengetahuan tentang astronomi kosmis masih terbatas dan cenderung monoton, sehingga tidak memungkinkan adanya pendidikan sains yang sistematis mengenai pengetahuan astronomi. Saat ini, produk yang melibatkan pengetahuan tentang planet dan sumber daya planet kosmis masih sedikit, dan semuanya memiliki tingkat daya tarik yang rendah dan teknologi yang rumit.

Startracks adalah permainan papan yang didasarkan pada cerita eksplorasi antarbintang dan memiliki sifat STEAM. Tujuan utamanya adalah mendidik anak-anak tentang ilmu astronomi. Papan permainan ini menggunakan magnet rubidium untuk meniru tarikan gravitasi planet, dan konten permainannya didukung oleh pengetahuan dasar tentang astronomi. Melalui eksplorasi planet, anak-anak dapat meningkatkan pengetahuan mereka tentang astronomi, fisika, dan kimia.

Permainan ini melibatkan pendaratan kapal dengan meluncurkan pesawat ruang angkasa (bola besi) yang ditarik oleh gaya gravitasi planet (magnet rubidium). Setelah mendarat di planet tertentu, pemain akan mendapatkan kartu properti yang berisi pengetahuan astronomi dan fisika yang berbeda serta keterampilan permainan yang sesuai. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan, dengan mengaktifkan keterampilan yang terdapat pada kartu properti. Tim yang pertama mencapai tujuan mereka akan menjadi pemenangnya.

Startracks menggunakan bahan papan kayu sintetis yang dilengkapi dengan magnet rubidium. Proses produksi papan meliputi pemotongan, pengeboran, dan pengamplasan pada mesin bor, serta proses perekatan papan. Kartu properti terbuat dari kertas berlapis. Proses produksi kartu properti meliputi pencetakan warna.

Dengan Startracks, anak-anak dapat belajar sambil bermain dan mengembangkan minat mereka dalam mempelajari astronomi dan fisika. Permainan ini menggabungkan pendidikan dan hiburan dengan cara yang menarik, sehingga dapat merangsang minat anak-anak dalam belajar sains.

Startracks adalah hasil kolaborasi tim desainer yang terdiri dari Leijing Zhou, Rui Lei, Yi Chen, Zhengtong Wu, Shaogeng Zeng, Minghong Xu, dan Yunnong Chen dari Zhejiang University. Permainan ini telah meraih Penghargaan Perak dalam A' Design Award 2023 kategori Mainan, Permainan, dan Produk Hobi. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, memiliki keunggulan profesional, dan menunjukkan tingkat keahlian dan inovasi yang luar biasa. Startracks menghadirkan pengalaman yang luar biasa dan menimbulkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Zhou Leijing
Kredit Gambar: Rui Lei Yi Chen Zhengtong Wu Shaogeng Zeng
Anggota Tim Proyek: Leijing Zhou Rui Lei Yi Chen Zhengtong Wu Shaogeng Zeng Minghong Xu Yunnong Chen
Nama Proyek: Startracks
Klien Proyek: Zhou Leijing


Startracks IMG #2
Startracks IMG #3
Startracks IMG #4
Startracks IMG #5
Startracks IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang