Snyearth: Jam Dunia Inovatif yang Menggabungkan Teknologi dan Seni

Desain revolusioner oleh Xiaolong Li dan Cheng Yao yang mengubah cara kita melihat waktu dunia

Snyearth, sebuah jam dunia intuitif yang menggabungkan teknologi maglev dan IoT, menawarkan cara baru untuk melihat waktu di berbagai kota di seluruh dunia.

Salah satu tantangan dalam menampilkan waktu dunia adalah kurangnya intuitif dan visualisasi waktu yang jelas antara berbagai lokasi. Jam dunia tradisional biasanya merupakan kombinasi dari beberapa jam analog atau digital, yang mungkin tidak cukup jelas atau mudah dipahami. Dengan inspirasi dari globe yang melayang, Snyearth diciptakan untuk menampilkan waktu dunia secara lebih intuitif dan visual.

Snyearth menawarkan cara baru untuk menampilkan waktu dunia. Pengguna dapat dengan mudah melihat waktu saat ini di setiap kota di dunia. Seiring berjalannya waktu, roda waktu berwarna-warni mencerminkan cahaya dan bayangan langit pada saat itu. Lampu di dalam globe mensimulasikan pergantian siang dan malam, memberikan pengalaman visual yang menakjubkan.

Snyearth dirancang dengan teknologi canggih. Gaya gravitasi disediakan oleh magnet permanen, sementara gaya tolak yang dihasilkan oleh elektromagnet dalam basis dikendalikan dengan presisi dan real-time menggunakan tiga sensor Hall aksial untuk mencapai stabilitas bagian yang melayang di semua arah. Lampu LED full-color ditempatkan di tempat yang tepat di bawah jendela cincin transparan untuk mencapai efek tampilan transisi yang berwarna-warni dan alami.

Snyearth juga dirancang untuk interaksi yang mudah dan intuitif. Pengguna dapat menyentuh lokasi kota yang sesuai di globe untuk menampilkan waktu lokal kota tersebut secara real-time di baki di bawahnya. Jika pengguna memilih lebih dari dua kota, Snyearth juga dapat secara otomatis menampilkan perbedaan waktu antara kota-kota tersebut.

Proyek ini dimulai di Shenzhen pada Mei 2022 dan berakhir di Hangzhou pada September 2022. Selama proses desain, tim menghadapi tantangan dalam merancang struktur internal produk karena penggunaan teknologi maglev. Namun, melalui beberapa iterasi, mereka berhasil mencapai skema struktur yang ada.

Snyearth telah mendapatkan penghargaan Iron dalam A' Digital and Electronic Device Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan untuk kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Snyearth dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Xiaolong Li
Kredit Gambar: Xiaolong Li
Anggota Tim Proyek: Xiaolong Li Cheng Yao Yiming Cheng Zhengke Li Sizhou Zhang Shichao Huang Yan Fang Haoye Dong
Nama Proyek: Snyearth
Klien Proyek: Xiaolong Li


Snyearth IMG #2
Snyearth IMG #3
Snyearth IMG #4
Snyearth IMG #5
Snyearth IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang