Co-Grain: Solusi Inovatif Untuk Mengurangi Limbah Sereal dan Membantu Burung Kota

Desain Kemasan Sereal Yang Dapat Berubah Menjadi Tempat Makan Burung

Desainer Lide Ma, Zhiyi Zou dan Yuxuan Mao menciptakan kemasan sereal yang inovatif dan ramah lingkungan, yang dapat berfungsi ganda sebagai tempat makan burung.

Co-Grain adalah hasil dari observasi desainer terhadap fenomena pemborosan sereal di rumah dan kesulitan burung mencari makan di kota. Mereka berpikir, bagaimana jika manusia dapat berbagi sereal dengan burung, sehingga dapat mengurangi limbah dan membantu burung mencari makan. Dari sini, lahir ide Co-Grain.

Co-Grain bukanlah kemasan sereal biasa. Desainer ingin memberikan kemungkinan baru pada kemasan. Jika sereal tidak habis sebelum tanggal kedaluwarsa, pengguna dapat mengubah kemasan menjadi tempat makan burung dengan mengikuti instruksi yang ada. Tempat makan burung ini kemudian dapat ditempatkan di area berhutan dekat rumah, taman, atau tempat lain yang sering dikunjungi burung.

Co-Grain terbuat dari karton kertas kraft berkekuatan tinggi, dicetak dengan pola dan teks kemasan, dilapisi di permukaan, kemudian dipotong menjadi lembaran oleh mesin die-cutting, diikuti dengan perekatan dan pembentukan dan penekanan, dan akhirnya dirakit menjadi paket biji lengkap dengan menambahkan jumlah biji yang tepat dan menutupnya sesuai dengan jumlahnya.

Untuk mengubah kemasan sereal menjadi tempat makan burung, pengguna hanya perlu melakukan empat langkah sederhana: 1. Tarik cincin sobek di bagian atas kemasan untuk membentuk bagian tali gantungan. 2. Sobek bagian bawah kemasan sereal di sepanjang garis putus-putus, dan lepaskan bagian bawah ruang kosong. 3. Masukkan penyangga bawah ke dalam alur untuk membentuk tempat berdiri tempat makan burung. 4. Akhirnya, sobek bagian dalam untuk memberikan bukaan pakan untuk burung.

Desain ini memenangkan Penghargaan Desain Kemasan A' Bronze pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menunjukkan pengalaman dan keterampilan. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.

Co-Grain adalah solusi inovatif untuk limbah sereal melalui optimalisasi kemasan. Pengguna dapat mengubah kemasan menjadi tempat makan burung dan mengundang burung untuk berbagi sereal sisa. Desain ini mendorong keberlanjutan, mengurangi limbah makanan, dan mendorong pelestarian burung. Dengan menyediakan solusi praktis dan menyenangkan, Co-Grain menawarkan cara bagi orang untuk mengurangi limbah dan hidup selaras dengan alam.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Lide Ma
Kredit Gambar: Lide Ma
Anggota Tim Proyek: Designer: Zhiyi Zou Designer: Yuxuan Mao
Nama Proyek: Co-Grain
Klien Proyek: Lide Ma


Co-Grain IMG #2
Co-Grain IMG #3
Co-Grain IMG #4
Co-Grain IMG #5
Co-Grain IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang